Terungkap! Ini Alasan Orang Islam Sering Malas Berdoa

Kamis, 18 November 2021 | 21:38 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Sheikh Abdul Qadir Jailani membeberkan alasan orang Islam malas untuk berdoa.

Hal ini disampaikannya dalam kitab Futuhul Ghaib. Menurutnya, seseorang menjadi malas berdoa karena dua alasan.

Padahal, berdoa adalah perbuatan yang amat dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat muslim.

Baca Juga: Jadi Model Sepatu Paling Populer, Begini Cara Membedakan Air Jordan 1 Ori dan KW

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Manusia paling lemah adalah mereka yang paling malas berdoa (kepada Allah). Dan manusia paling pelit adalah manusia yang pelit memberi salam”. (HR. Thabrani, Ibnu Hibban, dll).

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ

"Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.(QS Al Ghafir: 60)

Sheikh Abdul Qadir Jailani mengatakan, salah satu alasan orang malas berdoa karena bentuk dari wujud kesombongan dan melupakan jati dirinya sebagai hamba atau obyek Allah.

Baca Juga: 3 Manfaat Ini Bakal Dirasakan Saat Makan Es Krim di Pagi Hari, Salah Satunya Pereda Gejala Flu

Yang kedua karena doa tidak dikabulkan walau sudah dilakukan dengan ikhtiar keras, terus berdoa dan meminta kepada Allah.

Sementara dipihak lain orang yang jarang berdo’a atau biasa-biasa saja malah sering terlihat oleh dirinya malah mendapat karunia Allah terpenuhi permintaannya.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...