Face Mites, Binatang Kecil yang Hidup di Wajah dan Mati di Kulit Kita

Sabtu, 20 November 2021 | 10:29 WIB
google google

RIAU24.COM -  Jangan takut sendiri lagi, sebab ternyata di wajah kita terdapat makhluk mikroskopis yang selalu menemani.

Tanpa kita sadari, kita semua memiliki sejumlah hewan yang hidup di permukaan wajah kita. Mereka tidak dapat dilihat, namun mereka ada. Mereka adalah tungau mikroskopis, berkaki delapan yang mirip dengan laba-laba. 

Binatang itu ialah Demodex folliculorum dan D. Brevis, kerabat dekat dari laba-laba dan kutu yang berasal dan berkaki.

Baca Juga: Ketika Al-Qur'an Beri Warning Soal Bencana Alam Gunung Semeru: Sudah Diingatkan Lebih dari 1400 Tahun Lalu

Tungau Demodex memiliki delapan kaki pendek dan gemuk di dekat kepala mereka. Tubuh mereka memanjang, mirip seperti cacing. Dibawah mikroskop, mereka terlihat sedang berenang-renang di minyak yang berada di wajah kita, dan bergerak sangat cepat.

Demodex dapat ditemukan di pori-pori kulit dan folikel rambut, sedangkan D. Brevis berada lebih dalam di kelenjer sabaceous.

Kelenjar mikroskopik yang berada tepat di bawah kulit yang mengeluarkan minyak.

Mereka biasanya memakan sel-sel kulit mati dan minyak yang berada di kulit. Tidak hanya makan, mereka juga berkembang biak dan mati di kulit kita.

Selain di wajah, tungau ini juga ditemukan di daerah di tubuh kita yang lain, termasuk area genital dan dada.

Baca Juga: Ini Salah Satu Hubungan Terlarang Indonesia dengan Zionis Israel yang Pernah Diungkap ke Publik

Para ilmuwan sebenarnya sudah mengetahui sejak lama bahwa manusia membawa tungau. Tungau D. folliculorum pertama ditemukan terdapat pada kotoran telinga manusia di Perancis pada tahun 1842.

Pada tahun 2014 lalu, Megan Thoemmes dari North Calorina State University bersama koleganya menemukan bahwa sekitar 14% manusia memiliki tungau. Mereka juga menemukan DNA dari Demodex di setiap wajah yang mereka uji. Populasi dari tungau ini mencapai ribuan. Selain itu, setidaknya ada dua ekor tungau di setiap sehelai bulu mata kita.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...