Sering Dilupakan, Ternyata Cuma Lakukan Ini Karyawan Bisa Dapat Seperti Pahala Jihad

Sabtu, 20 November 2021 | 22:59 WIB
Sering Dilupakan, Ternyata Cuma Lakukan Ini Karyawan Bisa Dapat Seperti Pahala Jihad (foto/int) Sering Dilupakan, Ternyata Cuma Lakukan Ini Karyawan Bisa Dapat Seperti Pahala Jihad (foto/int)

RIAU24.COM - Banyak karyawan yang hanya mementingkan pekerjaan semata. Padahal dalam ajaran Islam disebutkan siapa saja yang mencari nafkah di jalan halal bisa memperoleh pahala setara jihad di jalan  Allah SWT.

Setidaknya demikian disampaikan Ustadz Syafiq Riza Basalamah dalam video ceramah yang ditayangkan kanal youtube Kajian Ar-Rahman. Dalam video itu Ustadz Riza membacakan kisah yang diambil dari hadis Rasulullah SAW.

"Suatu ketika, beliau sedang berjalan dengan beberapa sahabatnya. Kemudian, tampaklah seorang yang sedang membelah kayu bakar. Seorang sahabat menyayangkan, mengapa lelaki itu tak menggunakan daya kekuatannya untuk berperang di jalan Allah," ujar Ustadz Syafiq Riza Basalamah dalam video berjudul  'Harus Ada Niat Baik Bukan Asal Kerja- Ustadz Syafiq Riza Basalamah'.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini : Transplantasi Jantung Pertama Kali di Dunia Berhasil Dilakukan

Maka, Rasulullah bersabda, "Janganlah kalian berkata demikian. Sesungguhnya, bila ia bekerja untuk menghindarkan diri dari meminta-minta (mengemis), maka ia berarti dalam sabilillah. Dan jika ia bekerja untuk mencari nafkah serta mencukupi kedua orang tuanya atau keluarganya yang lemah, maka ia pun dalam sabilillah. Namun jika ia bekerja hanya untuk bermegah-megahan serta hanya untuk memperkaya dirinya, maka ia dalam sabilisy syaitan (jalan setan). Makanya perbaiki niat bekerja," lanjut Ustadz Syafiq Riza kemudian.

Baca Juga: Tahukah Anda, Survei Global Nyatakan Inilah Negara Dengan Penduduk Pemabuk Terbanyak Di Dunia

Maka itu penting berniat mencari harta, bukan untuk keburukan dan memperoleh ridho Allah SWT. "Makanya perbaiki niat  Niatkan menafkahi diri sendiri agar tidak minta-minta ke orang. Dan bagi yang berumahtangga menafkahi keluarga di rumah. Supaya tidak ke jalan setan. Dan memperoleh pahala seperti sedang berjihad," kata Ustadz Riza.

Video ini sudah ditonton 84 ribu dan sudah tayang 3 November 2019 di channel @Kajian Ar-Rahman. Sebaiknya tonton sampai tuntas agar tidak salah paham.

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...