Resep Telur Dadar Enak, Hanya Butuh Waktu 5 Menit

Senin, 29 November 2021 | 09:20 WIB
google google

RIAU24.COM -  Buat kamu yang nggak begitu jago masak, telur dadar mungkin jadi masakan andalan yang bisa kamu buat. Di kala lapar melanda, telur dadar menjadi alternatif untuk dihidangkan. Cara membuat telur dadar atau dikenal juga sebagai omelet memang makanan yang sangat praktis dan gampang dibuat.

Namun, agar santapan semakin berkualitas, ada beberapa tips memasak telur dadar yang bisa Anda ikuti.

Melansir The Spruce Eats, salah satu kunci sukses membuat telur dadar adalah pemilihan wajan penggorengan yang tepat. Pilih wajan teflon antilengket dengan sisi yang agak miring.

Untuk dua butir telur, gunakan teflon berdiameter 20 cm. Sementara untuk tiga butir telur, gunakan teflon berdiameter 25 cm.

Jangan lupa, gunakan spatula berbahan karet yang tahan panas. Spatula ini tidak akan menggores lapisan antilengket.

Baca Juga: Cocok untuk Makan Siang, Resep Pepes Ikan Mas Duri Lunak

Anda bisa membuat telur dadar polos atau tambahkan dengan isian apa pun sesuai selera seperti keju, sayuran, atau jamur. Perlu diketahui, telur dadar adalah cara terbaik untuk menggunakan sisa makanan. Namun, jangan terlalu banyak memberikan isian telur. Terlalu banyak isian berisiko membuat telur pecah.

Berikut cara membuat telur dadar yang enak, dengan isian jamur dan keju.

Bahan:
2 butir telur
1 sdm mentega atau butter
2 sdm susu UHT
sedikit garam, sesuai selera
sedikit bubuk lada hitam atau putih, sesuai selera
2-3 jamur kancing, iris lalu tumis
keju parut secukupnya

Cara membuat:
1. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mangkuk. Kocok hingga warna berubah menjadi kuning pucat.
2. Masukkan susu ke dalam telur, serta bumbui dengan garam dan lada. Kocok hingga tercampur rata. Idealnya, kocok campuran selama 1 menit penuh. Cara ini dilakukan demi memasukkan udara sebanyak mungkin ke dalam campuran telur.
3. Panaskan wajan dengan api sedang-kecil. Masukkan mentega dan biarkan meleleh.
4. Tuangkan telur ke dalam wajan. Jangan diaduk, biarkan telur matang hingga 1 menit atau sampai bagian bawah mulai mengeras.

5. Dengan spatula, dorong perlahan salah satu tepi telur ke tengah wajan. Lakukan sambil memiringkan wajan agar telur yang masih cair mengalir di bawahnya. Ulangi pada tepi lawannya, sampai tidak ada cairan yang tersisa.
6. Telur kemudian akan menyerupai panekuk. Idealnya, telur akan mudah meluncur di permukaan antilengket. Jika lengket, kendurkan dengan spatula.
7. Balikkan telur perlahan dengan spatula. Masak selama beberapa detik lagi, atau sampai tidak ada telur mentah yang tersisa.
8. Masukkan berbagai isian yang telah disiapkan. Taruh pada bagian tengah telur dalam satu garis lurus.
9. Dengan spatula, angkat salah satu tepi telur dan lipat ke atas. Lakukan pada ujung lainnya yang berlawanan.
10. Masak lagi sekitar 1 menit, tapi jangan terlalu matang atau telur berubah warna menjadi cokelat.
11. Jika perlu, Anda dapat membalik seluruh telur untuk memasak bagian bawahnya selama sekitar 30 detik. Tapi, jangan sampai telur berwarna cokelat.
12. Telur dadar siap disajikan.

Ada beberapa tips membuat telur dadar yang enak. Berikut di antaranya.

1. Gunakan api sedang-kecil

Anda disarankan menggunakan api sedang-kecil saat memasak telur dadar. Memasak dengan api besar dapat menghasilkan telur yang terlalu matang dan kenyal.

2. Siapkan isian terlebih dahulu

Baca Juga: Efeknya Dahsyat! Cukup Tempelkan Plaster pada Kipas Angin, Manfaat Tak Terduga Ini Bakal Terjadi

Siapkan semua bahan isian sebelum Anda mulai mengocok telur. Misal, Anda bisa mengiris dan menumis jamur terlebih dahulu sebelum membuat adonan telur.

3. Jangan terlalu banyak isian

Jangan terlalu banyak menaruh isian pada telur dadar. Isian yang terlalu banyak akan membuat telur terasa penuh dan hasilnya tidak memuaskan.

Kendati demikian, tak ada batasan untuk pilihan isian yang digunakan. Anda dapat menggunakan bahan apa saja sebagai isian. Keju parut, tumis jamur, tumis daging cincang, dan bawang bombay adalah isian populer telur dadar.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...