Nyeri Haid atau Haid Tidak Lancar? Coba Rutin Minum Air Kelapa Muda, Ini yang Akan Kamu Rasakan

Jumat, 03 Desember 2021 | 08:50 WIB
google google

RIAU24.COM -  Saat menstruasi, lebih sering wanita akan mengalami gejala yang tidak nyaman. Menurut penelitian, hingga 80 persen wanita mengalami beberapa gejala sebelum menstruasi, termasuk di antaranya adalah jerawat, payudara menjadi terasa lembut, kembung, kelelahan, migrain, dan perubahan suasana hati.

Selain itu, hampir tiga per empat wanita akan mengalami nyeri haid atau kram menstruasi (dismenore) atau perdarahan abnormal.

Ada banyak cara untuk membantu mengatasi masalah menstruasi. Perawatan juga akan tergantung pada tingkat keparahan, frekuensi, atau sifatnya. Jika gejalanya ringan, kebanyakan wanita lebih memilih pengobatan alami daripada obat yang diresepkan dokter, ini karena obat tradisional seperti jamu menyebabkan lebih sedikit efek samping.

Baca Juga: Inilah Tiga Perbuatan yang Dilaknat Oleh Allah

Selain jamu, salah satunya obat alami untuk mengatasi nyeri haid adalah air kelapa. Simak ulasan berikut untuk mengetahui khasiat air kelapa dalam mengatasi nyeri haid.

Pengobatan alami untuk mengatasi masalah seputar nyeri haid biasanya memanfaatkan khasiat fitoestrogen, yakni senyawa yang mirip dengan estrogen. Ini adalah sekelompok hormon seks yang mendorong perkembangan dan pemeliharaan karakteristik wanita dalam tubuh manusia.

Kelapa adalah tanaman fitoestrogen yang terkenal. Temuan menunjukkan bahwa kelapa kaya akan fitoestrogen dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Air kelapa atau sari kelapa, cairan bening di dalam kelapa hijau yang belum matang, juga sangat dihargai karena khasiat nutrisi dan terapeutiknya.

Menurut penelitian pada 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Laboratory Biochemistry, air kelapa mengandung campuran kompleks vitamin, mineral, asam amino, karbohidrat, antioksidan, enzim, hormon pertumbuhan yang meningkatkan kesehatan, dan nutrisi penting lainnya.

Berdasarkan komposisinya, air kelapa merupakan produk penting untuk diminum saat menstruasi. Namun, air kelapa tidak sepenuhnya bisa mengatasi semua masalah terkait menstruasi, terutama nyeri haid. Memang fitoestrogennya membantu mengatur siklus menstruasi, tetapi konsumsi tumbuhan fitoestrogen tidak mengubah keseluruhan panjang siklus.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta? Mata Kedutan Berkali-kali Pertanda Akan Menangis?

Air kelapa memiliki khasiat yang memengaruhi masalah menstruasi yang berat, berkat Vitamin C dan zat besi yang akan membantu mengurangi pendarahan selama menstruasi, terutama jika perdarahan berat terjadi akibat pembuluh darah yang rapuh. Di sini, Vitamin C akan berperan dalam memperkuat pembuluh darah halus ini, dan membuatnya tidak mudah rusak.

Vitamin C juga membantu tubuh wanita menyerap zat besi, menjaganya dalam bentuk yang tersedia secara biologis dan melindunginya dari oksidasi di saluran pencernaan. Dengan cara ini, Vitamin C akan mencegah anemia kekurangan zat besi. Air kelapa juga kaya kalsium, meredakan ketegangan, meredakan gangguan perut seperti perut kembung, diare dan muntah, serta mencegah retensi air.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...