Ladies, Jika Punya Teman yang Melakukan 3 Hal Ini, Wajib Kamu Pertahankan Ya..

Sabtu, 08 Januari 2022 | 13:29 WIB
Foto : VOI Foto : VOI

RIAU24.COM -  Memiliki teman sebagai support system yang membuat hidup semakin berkualitas, tentu diingini banyak orang. Terutama ketika membutuhkan teman bercerita tanpa kesan menjatuhkan tetapi sebaliknya, memberikan dorongan untuk membangun suasana hati menjadi lebih baik.

Teman sebagai pendengar yang baik, tidak mudah didapatkan. Jika Anda memilikinya, tentu memiliki keterampilan-keterampilan yang tidak banyak dimiliki orang. Justin Kompf, Ph.D., peneliti di Lifespan Developmental Psychology Laboratory, mengungkapkan bahwa seorang pendengar yang baik memiliki hal-hal yang membuat orang lain, khususnya orang terdekatnya merasa lebih baik. Apa saja yang dilakukan seorang pendengar yang baik?

Baca Juga: Mudah Dibuat Dirumah, Resep Madu Mongso Tahan Lama

Berikut penjelasan dan identifikasi Kompf dari pengalamannya.

1. Memberi kesempatan untuk temannya bercerita

Ada yang bilang, berinteraksi dalam hening itu sangat intim. Seorang pendengar yang baik tahu betul lawan bicaranya membutuhkan situasi hening agar bisa mengatakan lebih banyak topik dalam percakapan.

Menurut Kompf, ada situasi riuh yang membuat seseorang terganggu. Setidaknya, teman Anda dengan kemampuan menjadi pendengar yang baik memberikan ruang untuk membuka percakapan atau bahkan memberi kesempatan Anda menceritakan sisi rentan tanpa dihujani kritikan.

Tambah Kompf, keheningan bisa memberi orang kesempatan untuk mengatakan apa yang mereka maksud. Meskipun awalnya canggung, tetapi itu adalah satu-satunya cara memberi kesempatan menguraikan apa yang dirasakan. Ternyata dengan situasi tersebut ternyata membangun kepercayaan lho.

Baca Juga: Makanan Ini Bikin Otak Kamu Bodoh, Nomor 3 Paling Disukai

2. Fokus pada makna kata-kata

Kompf mengidentifikasi sifat seorang pendengar yang baik dari psikolognya. Psikolognya memiliki keterampilan yang membuatnya merasa lebih baik setelah diterpa beberapa masalah. Yang kedua, pendengar yang baik akan fokus pada makna kata-kata yang diucapkan lawan bicaranya.

Umumnya, pendengar yang baik akan merespons dengan pernyataan-pernyataan reflektif. Pernyataan reflektif tersebut merupakan tanda ia memahami dan mendengarkan kata-kata dengan baik.

3. Pertanyaan yang diajukan bersifat terbuka

Pertanyaan terbuka digunakan oleh seorang pendengar yang baik sebagai undangan untuk diskusi. Pertanyaan tersebut diungkapkan untuk mengeksplorasi sudut pandang dan memberikan perhatian. Mereka tidak akan menjawab ‘iya’ atau ‘tidak’. Pertanyaan terbuka, misalnya ‘bagaimana harimu?’ atau ‘bisakah kamu memberi tahu saya tentang bagian terbaik dari hari-hari yang kamu lewati?’.

Seorang teman dengan tiga kemampuan di atas, mungkin tidak secara eksplisit memiliki keterampilan tersebut. Tetapi tujuannya pasti, membuat Anda merasa lebih baik.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...