Selain Bahasa Inggris, Inilah Bahasa Lain yang Paling Banyak Digunakan

Sabtu, 08 Januari 2022 | 21:24 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Bahasa secara historis menyebar melalui perdagangan, penaklukan, kolonisasi, imigrasi, dan interaksi budaya. Bahasa Inggris adalah yang paling banyak digunakan di dunia, dengan hampir 1,13 miliar penutur.

1. Bahasa Inggris
Bentuk bahasa Inggris paling awal diperkenalkan ke Inggris oleh suksesi penjajah. Dari suku Jermanik, Celtic, dan Viking hingga Normandia, bahasa Inggris berkembang dari beberapa pengaruh linguistik. Dari Inggris, bahasa menyebar melalui penaklukan penjajah, perdagangan, dan interaksi.

Saat ini, bahasa Inggris adalah bahasa bisnis internasional dan merupakan bahasa resmi utama Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Nigeria, Australia, dan Namibia.

2. Mandarin
Mandarin Cina adalah bahasa lisan paling populer kedua di dunia dengan total 1,12 miliar penutur. Mandarin adalah bagian dari keluarga linguistik Sino-Tibet yang membentang di sebagian besar Asia.

Dari asalnya di Cina, lima bahasa utama Cina (Mandarin, Yue yang meliputi Kanton, Min, Wu, dan Hakka) juga banyak digunakan di Taiwan, Singapura, dan Malaysia.

3. Bahasa Hindi
Akar bahasa Hindi kembali ke bahasa Sansekerta, bahasa awal yang digunakan oleh pemukim Arya di barat laut India sekitar tiga ribu tahun yang lalu. 

Selama berabad-abad, bahasa Hindi dipengaruhi oleh Dravida, Turki, Portugis, Persia, Arab, dan Inggris. Dengan 615 juta penutur di seluruh dunia, bahasa Hindi adalah bahasa dominan di India, dan juga digunakan di Nepal, AS, Afrika Selatan, Yaman, dan Mauritius.

PenulisR24/ame


Loading...

Terpopuler

Loading...