Tahukah Kamu Bahwa Wakanda Diperkirakan Benar-benar Ada?

Sabtu, 08 Januari 2022 | 21:34 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Wakanda adalah negara fiksi yang diciptakan oleh Marvel Comics, pertama kali muncul di film Fantastic 4 1966 yang dibuat oleh Jack Kirby dan Stan Lee. 

Negara fiksi ini ditampilkan dalam berbagai adaptasi media seperti Avengers: Endgame, Captain-America: Civil War, Avengers: Black Panther, dan Avengers: Infinity War. 

Wakanda seharusnya menjadi satu-satunya negara Afrika yang tidak pernah dijajah. Wakanda sudah maju secara teknologi karena kehadiran Vibranium (logam paling tahan lama di dunia).

Meskipun lokasi tepatnya bervariasi dalam komik, Wakanda diyakini berada di Afrika Timur. Berbagai sumber menempatkan negara fiktif di sisi utara Tanzania sementara yang lain menempatkannya di antara Ethiopia, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. 

The Black Panther dan Marvel Atlas volume 2 menetapkan bahwa Wakanda berada di ujung utara Danau Turkana. Wakanda berbatasan dengan negara-negara fiktif lainnya, termasuk Narobia, Kanaan, dan Azania. 

Ryan Coogler, sutradara Black Panther, mengklaim bahwa penggambarannya tentang negara fiktif ini terinspirasi oleh Lesotho.

Sebelum munculnya negara fiktif ini, beberapa makhluk mistik disebut sebagai Originator, yang diusir dari daerah tersebut oleh panteon Wakanda yang terdiri dari Bast, Kokou, Mujaji, Ptah, dan Thoth. Wilayah itu kemudian dihantam meteor besar yang tersusun dari Vibranium (elemen penyerap suara). 

Mengetahui bahwa komunitas lain akan mencoba menyerang dan mendominasi daerah tersebut karena mineralnya yang berharga dan langka, T'Challa menyembunyikan Wakanda dari dunia. 

Wakanda adalah rumah bagi banyak faksi yang dikhususkan untuk dewa dan dewi Heliopolitan yang datang dari Mesir selama era Firaun. 

Masyarakat Wakanda mengalami tingkat mutasi yang tinggi karena sifat mutagenik dari gundukan Vibranium. Radiasi Vibranium telah mempengaruhi sebagian besar fauna dan flora, termasuk Gorila putih yang dikonsumsi oleh kultus Gorila Putih. Radiasi juga meresap ke dalam Ramuan Berbentuk Hati yang dikonsumsi oleh kultus Black Panther. 

PenulisR24/ame


Loading...

Terpopuler

Loading...