Berdampak Buruk, Ini 5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi Oleh Teman-teman

Sabtu, 08 Januari 2022 | 23:55 WIB
google google

RIAU24.COM -  Tanpa kamu sadari terkadang kamu bisa melakukan hal-hal yang dianggap sepele, namun ternyata itu berdampak pada hubungan pertemanan. Memang sih, tidak selamanya hubungan persahabatan akan buyar begitu saja hanya gara-gara hal sepele.

Namun tetap saja, kamu sebaiknya jangan melakukan hal-hal yang dapat merusak hubungan persahabatan yang telah kamu jalin dalam kelompok atau komunitasmu. Nah, hal sepele apa saja yang dapat menyebabkan kamu dijauhi oleh teman-temanmu?

1. Suka membual

Mungkin tingkah yang seperti ini terdengar sepele, namun tahukah kamu, kalau ternyata banyak orang yang tidak suka dengan orang yang pembual? Jadi, jika kamu sering melakukan hal ini, lebih baik kamu ubah sikapmu sebelum teman-temanmu meninggalkanmu.

Baca Juga: Kerap Dianggap Minta Makan, Ternyata Ini Alasan Kucing Menatap Kita Berlama-lama

2. Gak pernah menepati janji

Janji adalah utang, itu sebenarnya jangan sampai kamu berjanji jika kamu tahu tidak akan bisa menepatinya. Jika dalam hubungan utang piutang, ini sudah masuk pada wanprestasi, alias cedera janji. Bagaimana dalam hubungan pertemanan? Ya sama saja, yang namanya janji harus dilunasi. Jika kamu selalu obral janji tanpa bisa menepatinya, kamu harus siap-siap ditinggalkan oleh teman-temanmu.

3. Suka pinjam uang tapi lupa mengembalikann

Hubungan persahabatan yang baik tidak akan luntur begitu saja hanya karena uang. Namun, kamu harus ingat, bahwa temanmu juga akan menilai komitmen kamu. Kalau kamu suka meminjam uang dan kamu berlagak lupa sama utangmu tersebut, pasti hal ini membuat temanmu jengkel. Kalau kamu memang belum ada dana untuk melunasi utangmu, tunjukkan itikad baik itu terhadap temanmu.

4. Suka menyindir

Baca Juga: Cocok untuk Sajian Perayaan Imlek, Resep Gurame Goreng Saus Mentega

Kamu yang suka menyindir, mungkin ada kalanya kamu membatasi hal ini. Tidak semua orang suka dengan sifat ini, meskipun dianggap sepele. Lebih baik jika ada sesuatu diantara kalian, mengatakan secara langsung secara empat mata akan terlihat lebih etis, ketimbang harus main sindir-sindiran.

5. Sering cari muka

Sebaiknya hubungan pertemanan itu didasari pada keterbukaan dan sikap-sikap sederhana yang disukai bersama. Jadi kamu tak perlu cari muka dihadapan teman-temanmu. Sikap yang selalu minta diperhatikan ini, lama kelamaan justru akan menjadi boomerang buat kamu. Jadi, jalani saja pertemanan kalian dengan santai, tak perlu cari muka untuk mendapatkan perhatian.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...