Walau Sama-sama Terbuat dari Kedelai, Namun Wanita Lebih Disarankan Mengkonsumsi Tempe Dibanding Tahu

Selasa, 11 Januari 2022 | 08:35 WIB
google google

RIAU24.COM -  Tempe lebih direkomendasikan untuk kaum hawa karena dapat memberi manfaat lebih yakni terhindar dari penyakit osteoporosis. Demikian menurut penjelasan dari Prof Ir Ahmad Sulaeman MS PhD dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Dianjurkan mengkonsumsi tempe 140 gram setiap hari. Termasuk juga ibu hamil," jelas Prof Ahmad dilansir dari Instagram @seputar.kesehatan_.

Jika dibanding dengan tahu, maka tempe memiliki kandungan serat yang jauh di atasnya. Ada pula vitamin B-12 yang menurut penelitian hanya ada pada daging merah dan tempe saja.

Baca Juga: Kerap Dianggap Minta Makan, Ternyata Ini Alasan Kucing Menatap Kita Berlama-lama

Selain itu, asam amino yang dimiliki oleh tempe juga mudah dicerna dan diserap. Tak heran jika wanita disarankan mengkonsumsinya setiap hari.

"Karbohidrat pun masih ada di tempe. Asam lemak esensialnya juga lebih banyak di tempe daripada di tahu," tambah profesor yang pernah meneliti tentang tempe itu.

Baca Juga: Cocok untuk Sajian Perayaan Imlek, Resep Gurame Goreng Saus Mentega

Untuk wanita yang usianya sudah lanjut, isoplavon pada tempe mencegah terjadinya kerusakan amimoloid yang bermakna mencegah teradinya kerusakan kognitif dan pikun.

Masih ada lagi, antioksidannya dapat menyeimbangkan hormoral wanita yang bertujuan untuk mencegah nyeri serta keluhan saat PMS atau menopause.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...