Cocok untuk Kudapan saat Imlek, Resep Nastar Taiwan Lembut

Senin, 24 Januari 2022 | 14:19 WIB
google google

RIAU24.COM -  Kue nastar biasanya jadi salah satu hidangan yang pasti ada di setiap rumah ketika hari raya besar seperti hari Imlek, Idul Fitri sampai hari Natal salah satunya Nastar Taiwan. Kue nastar ini menjadi kue kesukaan banyak orang karena memiliki tekstur yang lembut, rasa yang manis dan juga gurih.

Serupa dengan nastar di Indonesia, nastar taiwan juga menggunakan isian berupa selai nanas di bagian tengah kue. Bedanya, nastar taiwan tidak menggunakan tambahan cengkeh dan olesan kuning telur sebelum dipanggang seperti nastar yang ada di Indonesia.

Mendekati perayaan Tahun Baru Imlek, kamu bisa mencoba membuat nastar taiwan di rumah. Caranya seperti resep dari Food Network berikut:

Bahan isian:

Baca Juga: Rakyat Korea Utara yang Lahir Tanggal 8 Juli dan 17 Desember tak Boleh Rayakan Ulang Tahun, Ini Alasannya

  • 2 kaleng nanas (bisa gunakan buah nanas segar) 
  • 100 gram gula pasir
  • 3 sendok makan sirup jagung hitam
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh jus lemon segar

Bahan adonan:

  • 120 gram tepung terigu protein rendah
  • 6 sendok makan mentega tawar dingin (potong dadu)
  • 50 gram gula pasir
  • 2 sendok makan susu bubuk tanpa lemak
  • 2 sendok makan bubuk custard asli Garam secukupnya 
  • 1 kuning telur ukuran besar

Cara membuat nastar taiwan

1. Potong buah nanas menjadi beberapa bagian, kemudian masukkan nanas ke dalam panci berukuran sedang. Masak nanas selama 12 menit menggunakan api sedang sambil diaduk hingga sisa air yang menempel pada nanas menjadi kering.

2. Setelah nanas hampir benar kering, masukkan gula pasir, sirop jagung, tepung maizena, dan jus lemon ke dalam panci. 

3. Aduk semua bahan sekitar 10 menit atau sampai gula larut dan selai nanas berubah warna menjadi coklat keemasan. 

4. Setelah selai nanas terlihat mengental dan lengket, angkat panci dari kompor dan masukkan selai ke dalam mangkuk tanpa tutup. Biarkan selai nanas selama satu jam di suhu ruang, atau sampai benar-benar dingin, kemudian sisihkan.

5. Campurkan tepung kue, mentega, gula, susu bubuk, bubuk custard, dan garam ke dalam wadah berukuran sedang. Kemudian aduk menggunakan mikser selama dua menit, atau sampai semua bahan tercampur rata. 

6. Setelah adonan menggumpal, tambahkan kuning telur dan aduk kembali hingga tekstur adonan menjadi halus dan bisa dibentuk.

7. Ambil adonan dengan takaran satu sendok makan untuk membuat satu buah nastar. Masukkan dua sendok teh isian nanas yang sudah didiamkan ke dalam adonan nastar, kemudian bentuk nastar sesuai keinginan.

8. Apabila ingin membuat nastar berbentuk persegi, gunakan mesin penggilas untuk memudahkan membentuk adonan. 

Baca Juga: Kekurangan Mayat, Mahasiswa Kedokteran Jaman Dulu Curi di Kuburan, Picu Kemarahan

9. Taruh nastar di atas loyang yang sudah diolesi mentega. Panggang nastar selama 18 hingga 20 menit atau sampai bagian atas nastar sedikit mengembang dan bagian bawahnnya berubah warna menjadi coklat muda.

10. Setelah nastar dirasa matang, keluarkan dari mesin pemanggang. Biarkan nastar tetap berada di dalam loyang, dinginkan menggunakan suhu ruang selama 10 menit.

11. Sajikan nastar dalam keadaan hangat. Apabila ingin disimpan, pastikan nastar sudah benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam stoples. 

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...