Padahal Tidur Cukup Tapi Terus Mengantuk, Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Rabu, 04 Mei 2022 | 21:48 WIB
google google

RIAU24.COM -  Ketika usai bekerja seharian, pastinya kita ingin cepat terlelap agar esok harinya tubuh kembali fit. Berbicara soal tidur ini, menurut National Sleep Foundation, setidaknya orang dewasa membutuhkan tidur selama 7–9 jam setiap malamnya. Meskipun begitu, tidur selama enam jam juga masih diperbolehkan, namun tidak direkomendasikan para ahli.

Selain masalah jam tidur, ada pula masalah lainnya mengenai tidur ini. Misalnya, selalu merasa mengantuk meski sudah cukup tidur di malam harinya. Kira-kira apa alasannya? Berikut penyebab sering mengantuk meski sudah cukup tidur.

1. Hypersomnia

Seseorang yang mengalami keinginan tidur secara terus menerus adalah penderita hypersomnia. Mereka selalu merasa mengantuk juga sulit berpikir cepat. Kondisinya berbanding terbalik dengan penderita insomnia. Tapi, penyebabnya sama-sama berpusat di sistem kerja otak. Karena semua aktivitas manusia berpusat di otak.

Baca Juga: Bukan Bumi Planet dengan Gunung Berapi Terbanyak di Alam Semesta

Untuk mengobatinya, perlu ada terapi stimulus sistem otak pusat oleh tenaga medis spesialis agar otak dapat bekerja secara optimal kembali.

2. Gangguan Mental

Kuantitas tidur harusnya berbanding lurus dengan kualitas tidur. Tapi ini tidak berlaku jika Anda sedang berada dalam kondisi emosi yang tidak stabil. Panjangnya durasi tidur orang yang menderita gangguan mental, tidak akan berpengaruh di keesokan paginya.

Jika Anda masih merasa cemas, sedih, bahkan merasa depresi, di siang harinya Anda akan merasa kantuk berkepanjangan.

3. Central Sleep Apnea

Central sleep apnea adalah gangguan tidur dimana pernapasan terhenti sejenak saat tidur. Gangguan tidur ini disebabkan ketika otak gagal menerima signal ke otot yang dapat mengontrol sistem pernapasan. Saat terbangun, penderita mengalami kekurangan oksigen pada otak yang menyebabkan rasa kantuk sehari penuh. Kondisi ini semakin diperparah dengan rasa sakit kepala dan sulit berkonsentrasi.

Jika Anda mengalami gangguan seperti ini, risiko penyakit serius bisa menhampiri Anda seperti serangan jantung, stroke, atau peradangan pada otak.

4. Nokturia

Pada organ dengan kondisi kesehatan yang baik, tidur 6-8 jam di malam hari biasanya bisa dilakukan dengan normal tanpa gangguan apapun. Tapi berbeda dengan penderita Nokturia, gangguan tidur terjadi ketika seseorang selalu merasa ingin buang air kecil di malam hari. Frekuensi buang air kecil yang sering dapat mengganggu kualitas tidur Anda tentunya. Nokturia ini juga mengidikasikan beberapa penyakit.

Baca Juga: Mengejutkan, Indonesia Dinobatkan Sebagai Pengguna VPN Terbesar Ketiga di Dunia

Jika Anda mengalami gejala seperti ini, sebaiknya segera periksaan diri Anda ke dokter.

5. Penyakit Kronis

Jika Anda mengalami rasa kantuk berkepanjangan, sampai banyak hal-hal yang merugikan terjadi pada diri Anda, jangan dibiarkan begitu saja. Bisa jadi Anda mengalami penyakit serius.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...