Serba Manis, 8 Jajanan Jadul Ini Buat Nostalgia Masa Kecilmu

Kamis, 05 Mei 2022 | 11:57 WIB
google google

RIAU24.COM -  Selain kenangan bareng teman dan berbagai jenis permainannya, jajanan jadul yang sekarang hampir jarang ditemui jadi salah hal yang bikin rindu. Jajanan-jajanan ini pasti sering menemani kamu saat sekolah maupun pulang sekolah kan?

Hadir dengan beragam rasa, seperti manis, gurih dan pedas, serta harga yang terjangkau, jajanan-jajanan ini jadi favorit pada masanya. Rasanya yang enak membuat jajanan ini sulit hilang dari ingatan, meski kini sudah dewasa.

Di masa sekarang, mungkin beberapa jajanan jadul ini mulai sulit dijumpai. Tapi ada juga beberapa jajanan jadul yang hits kembali. Dirangkum dari berbagai sumber berikut delapan jajanan masa kecil yang bikin nostalgia.

1. Rambut nenek

Baca Juga: Ini Peristiwa Penting yang Terjadi dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

Jajanan manis ini memiliki penyebutan nama yang berbeda, ada yang menyebutnya rambut nenek, arbanat, gulali atau juga arumanis. Makanan yang berbahan dasar gula pasir ini biasanya disajikan dengan kerupuk berbentuk lingkaran.

2. Jagung kelapa

Jajanan berbahan dasar jagung ini mempunyai nama yang berbeda-beda tergantung daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya jagung kelapa, grontol, salkomsel, gongsir, bledus, blending, jagung urap atau juga kukurau. Makanan bertabur kelapa parut ini biasanya disajikan dengan gula pasir.

3. Kue lapis

Kue ini bisa dibilang merupakan jajanan yang mengenyangkan perut, sebab kue ini terbuat dari beras ketan. Siraman saus gula merah dan taburan kelapa parut di atasnya membuat kue ini terasa manis dan gurih.

4. Permen gulali

Permen jadul ini berbahan dasar gula dan biasanya diberi susu kental manis coklat di sekitar permen. Penjual permen ini butuh keterampilan tangan dalam membentuk permen yang sekiranya disukai oleh anak-anak. Bentuk bunga dan empeng biasanya selalu dibuat oleh si penjual.

5. Jipang

Jajanan yang satu ini berbahan dasar beras ketan dan gula merah. Makanan ini cocok dijadikan teman minum teh atau kopi, tetapi biasanya anak-anak zaman dulu biasa memakannya begitu saja tanpa tambahan teh atau kopi.

6. Biskuit kembang gula

Apa yang terlintas di benakmu saat pertama kali melihat gambar biskuit ini? Apakah cara memakannya yang khas dengan menyantap kembang gula yang berwarna-warni terlebih dahulu, baru kemudian memakan biskuitnya? Jika iya, berarti kamu sudah masuk zona nostalgia masa kecil.

7. Getuk dan kawan-kawannya

Baca Juga: Jadi Pria Paling Tua di Australia, Dexter Kruger Akui Konsumsi Otak Ayam Miliki Pengaruh Besar

Ada yang masih ingat dengan cenil, tumpeng tiwul, sawut, ketan hitam, getuk dan ciwel? Biasanya getuk dan kawan-kawannya ini disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir.

8. Kue tapai goreng

Kue berbahan dasar tapai dan biskuit ini memiliki dua perpaduan tekstur, yaitu crunchy dan lembut. Tekstur crunchy berasal dari biskuit dan tekstur lembut dari tapai. Menyantap kue ini cocok ditemani dengan secangkir kopi, teh ataupun susu.

PenulisR24/riz


Loading...

Loading...