Jangan Simpan Bahan Makanan Berikuy Ini di Kulkas

Kamis, 05 Mei 2022 | 21:16 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Anda mungkin berpikir bahwa lemari es adalah tempat yang paling tepat untuk menyimpan semua jenis makanan sehingga tetap segar.

Tapi sejumlah bahan ini tidak cocok disimpan dalam suhu dingin, apa saja? Mari simak penjelasannya.

1. Bawang putih
Kondisi bawang putih akan memburuk lebih cepat saat disimpan di lemari es karena kelembapan tambahan, kecuali jika sudah dikupas ya Bunda.

Sebaiknya bawang putih disimpan di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik, pada suhu kamar dan jauh dari cahaya.

2. Kacang
Jika kamu berencana menggunakannya dalam beberapa minggu ke depan, kacang boleh saja disimpan dalam wadah kedap udara di dapur.

Namun, jika kamu ingin kacangnya bertahan lebih dari sebulan, masukkan saja ke dalam freezer agar tetap segar dan renyah.

3. Madu
Hindari menyimpan madu dalam lemari es karena berada di suhu dingin tidak ada gunanya, malah hanya akan menyebabkannya mengkristal dan mengeras.

4. Kentang
Suhu dingin membuat pati kentang berubah menjadi gula, yang berpotensi bahaya. Kentang harus disimpan, tidak dicuci, di tempat yang jauh dari sinar matahari. Hanya kentang matang yang sebaiknya disimpan di lemari es.

5. Ubi jalar
Seperti kentang, menyimpan ubi jalar di lemari es akan mengubah komposisi, merusak tekstur dan rasanya. Ubi jalar harus disimpan di lemari atau pantry yang sejuk, gelap, dan berventilasi baik.

6. Mangga
Seperti alpukat, mangga harus disimpan pada suhu kamar, karena dingin memperlambat pematangannya.

6. Kopi
Kopi secara alami menyerap bau bahan-bahan di sekitarnya, sehingga lemari es dapat merusak rasanya.

Jadi, kopi harus disimpan dalam wadah kedap udara dan disimpan di tempat gelap pada suhu kamar, sehingga tetap segar sampai saatnya untuk menyeduhnya.  

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...