Simak Penjelasan Berikut untuk Ketahui Kamu Seorang Introvert atau Ekstrovert

Kamis, 05 Mei 2022 | 21:18 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Menurut beberapa teori kepribadian, setiap orang memiliki aspek ekstroversi dan introversi. Namun, seseorang hanya bisa bersandar pada satu arah. 

Ekstrovert dan introvert sering dipandang sebagai dua karakter yang sangat bertolak belakang. 

Anda mungkin tidak menyadari Anda termasuk dalam kelompok kepribadian yang mana karena banyaknya kesalahpahaman tentang kedua kelompok kepribadian ini.

Umumnya, introvert adalah orang yang lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan internal sementara ekstrovert kebanyakan mencari rangsangan eksternal. 

Berikut adalah cara untuk mengetahui apakah seseorang itu introvert atau ekstrovert. 

Introvert sering merasa kelelahan setelah menghabiskan waktu dengan banyak orang. Mereka cenderung ingin ke tempat yang tenang untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan diri mereka sendiri. 

Seorang introvert akan merasa berada asing dalam setiap kegiatan kelompok atau pertemuan sosial bahkan dengan orang-orang yang akrab dengannya. 

Di sisi lain, ekstrovert menyukai pertemuan sosial dan berada di sekitar orang. Mereka menemukan pertemuan kelompok seperti itu menyegarkan dan benar-benar mendapatkan banyak energi dari mereka.

Kebanyakan introvert digambarkan sebagai pendiam, pendiam, dan terkadang pemalu. 

Beberapa orang merasa sulit untuk mendekati mereka atau bahkan mengenal mereka. 

Mereka akan memilih kata dengan hati-hati dan biasanya langsung ke intinya. Namun, ekstrovert suka berinteraksi dengan orang lain dan selalu siap untuk mengobrol dengan siapa saja.

Orang-orang menganggap mereka menyenangkan dan mudah didekati. Dalam pertemuan sosial apa pun, ekstrovert akan selalu menjadi orang pertama yang menyambut tamu baru.

Introvert mudah kewalahan dalam lingkungan dengan stimulasi berlebihan. Karena alasan inilah para introvert menyukai tempat yang sunyi di mana mereka dapat berkembang. 

Sementara ekstrovert mudah bosan ketika mereka memiliki sangat sedikit yang harus dilakukan atau harus melakukan tugas yang monoton. 

Mereka berkembang di lingkungan dengan stimulasi tinggi atau di mana ada banyak aktivitas.

Sementara introvert tidak menikmati pertemuan sosial, mereka menikmati kebersamaan dengan sekelompok kecil teman, yang sangat dekat dengan mereka.

Ekstrovert adalah orang yang suka mencari teman baru ke mana pun mereka pergi. Karena mereka pandai melakukan percakapan dengan orang asing dan menikmati kebersamaan mereka, mereka cenderung memiliki lingkaran pertemanan yang lebih luas.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...