Bukan Indonesia, Inilah Negara Penghasil Biji Kakao Nomor Satu di Dunia

Senin, 09 Mei 2022 | 09:04 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Kakao adalah biji yang dikeringkan dan difermentasi sepenuhnya dari buah pohon kakao yang berasal dari hutan hujan Amazon. 

Baca Juga: Ini Peristiwa Penting yang Terjadi dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

Kata 'cocoa' berasal dari istilah Spanyol 'cacao', yang pada gilirannya diturunkan dari istilah Nahuatl 'cacahuati.' Kakao adalah tanaman berharga yang pertama kali dibudidayakan di wilayah khatulistiwa Amerika Selatan sekitar 5.300 tahun yang lalu, dan diyakini bahwa suku Maya dan Aztec adalah orang pertama yang berhasil menanam pohon kakao. 
Baca Juga: Jadi Pria Paling Tua di Australia, Dexter Kruger Akui Konsumsi Otak Ayam Miliki Pengaruh Besar

Pohon kakao terutama tumbuh di zona tropis sekitar 20° di utara dan selatan Khatulistiwa, di mana kondisi iklim yang menguntungkan untuk budidaya pohon kakao tersedia. 

Biji kakao berfungsi sebagai bahan utama untuk membuat cokelat dan banyak makanan Mesoamerika. Inilah negara-negara penghasil kakao terbesar di dunia.

1.  Cote d’Ivoire 
Terletak di Afrika Barat, Cote d’Ivoire adalah produsen kakao terbesar di dunia, memproduksi sekitar 2.200.000 ton biji kakao setiap tahunnya. 

Cote d’Ivoire menyumbang sekitar 38% dari total produksi biji kakao di dunia. Perlu dicatat bahwa perekonomian nasional Cote d’Ivoire sangat bergantung pada harga kakao dan sebagian besar pendapatan ekspor negara berasal dari ekspor biji kakao.  

2. Ghana
Republik Ghana, negara Afrika Barat lainnya, adalah produsen kakao terbesar kedua di dunia, memproduksi sekitar 800.000 ton biji kakao setiap tahun. Kakao adalah andalan sektor pertanian Ghana, menyumbang sekitar sepertiga dari pendapatan ekspor negara itu. 

Kondisi iklim yang menguntungkan di Ghana telah meningkatkan budidaya tanaman kakao Ghana lebih dari 20% pada musim tanam sebelumnya. 

Dan meskipun Cote d’Ivoire adalah produsen dan pengekspor biji kakao terbesar di dunia, Ghana juga terkenal memproduksi biji kakao berkualitas tinggi yang memiliki harga kakao premium di pasar dunia. 

Kakao berkualitas tinggi di Ghana terutama disebabkan oleh sistem penilaian negara yang hanya mengambil biji kakao berkualitas tinggi dari petani.

3. Indonesia
Indonesia adalah produsen kakao terbesar ketiga secara global, memproduksi sekitar 739.483 ton biji kakao per tahun. 

Biji Kakao juga merupakan salah satu produk ekspor pertanian Indonesia yang penting, dan dalam beberapa tahun terakhir, sektor ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Ada sekitar 1,5 juta hektar perkebunan kakao di Indonesia, dan pulau Sulawesi saja menyumbang lebih dari 75% dari total produksi kakao negara. 

Amerika Serikat, Malaysia, dan Singapura adalah beberapa negara tujuan utama biji kakao Indonesia.

4. Nigeria
Negara Afrika Barat berikutnya dalam daftar ini adalah Republik Federal Nigeria , produsen kakao terbesar keempat di dunia, memproduksi sekitar 340.163 ton biji kakao setiap tahun. 

Kakao adalah ekspor pertanian terkemuka di negara itu dan berfungsi sebagai penghasil devisa non-minyak utama Nigeria. Namun, setelah Nigeria mulai berinvestasi di sektor minyak, pangsa negara itu dalam produksi kakao dunia menurun. 

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...