Apakah Air yang Dibekukan akan tetap Miliki Berat yang Sama? Simak Penjelasannya

Senin, 09 Mei 2022 | 09:12 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Air adalah satu-satunya cairan non-logam dengan densitas yang menurun seiring dengan penurunan suhu. Sifat ini menciptakan perbedaan antara air dalam bentuk cair dan bentuk padat. 

Baca Juga: Ini Peristiwa Penting yang Terjadi dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

Berikut ini adalah pertanyaan sederhana namun mendalam: apakah air dan es memiliki berat yang sama? 
Baca Juga: Jadi Pria Paling Tua di Australia, Dexter Kruger Akui Konsumsi Otak Ayam Miliki Pengaruh Besar

Misalnya kamu memiliki ember yang berisi satu pon air. Jika kamu membekukan semua air dalam ember itu, apakah berat air akan berubah atau tetap sama? 

Menurut hukum kekekalan massa, setelah air membeku, jumlah air akan tetap sama. Yang terjadi hanyalah perubahan dari wujud cair ke wujud padat. Dengan demikian, bobotnya tentu tidak akan berubah.

Namun, es akan mengapung jika ditempatkan di dalam air. Ketika air membeku, ia menempati lebih banyak ruang daripada dalam bentuk cairnya karena molekulnya mengembang. 

Oleh karena itu, jika kita memiliki 1 liter es dan 1 liter air, air akan lebih berat karena lebih padat.

Sifat unik air yang kurang padat dalam keadaan padat sangat mempengaruhi kehidupan di Bumi. Misalnya, di musim dingin, air beku tidak tenggelam; itu membentuk lapisan es di atas air. Hal ini memungkinkan badan air untuk mempertahankan suhu yang stabil sepanjang tahun di bawah es. 

Jika es memiliki kepadatan yang lebih besar atau sama dengan air, danau, sungai, dan bahkan lautan akan membeku seluruhnya. Ini karena setiap kali lapisan atas membeku, ia tenggelam. Akhirnya, semua air akan berubah menjadi es.

 

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...