Bermanfaat dan Inovatif, Inilah 5 Barang dari Peradaban Mesir Kuno yang Masih Dipakai Hingga Kini

Senin, 09 Mei 2022 | 09:37 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Peradaban Mesir Kuno menemukan banyak alat dan sistem bermakna yang merupakan bagian utama dari kehidupan modern. 

Baca Juga: Ini Peristiwa Penting yang Terjadi dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

Tanpa inovasi ini, siapa yang tahu berapa lama sebelum hal serupa diciptakan atau diadopsi ke dalam penggunaan sehari-hari? Berikut adalah beberapa temuan peradaban Mesir Kuno yang masih digunakan hingga kini.
Baca Juga: Jadi Pria Paling Tua di Australia, Dexter Kruger Akui Konsumsi Otak Ayam Miliki Pengaruh Besar

1. Kalender
Orang Mesir kuno membuat kalender sebagai alat untuk melacak musim pertanian. Karena Sungai Nil banjir setiap tahun, kalender ini memungkinkan mereka untuk mengantisipasi kapan tepian sungai akan meluap. Siklus banjir adalah dasar dari kalender mereka, tetapi mirip dengan kalender modern, berisi 365 hari di dalamnya. 

2. Papirus Dan Tinta (Alat Tulis)
Tinta ditemukan kala orang Mesir Kuno tertarik untuk mendokumentasikan sejarah mereka, mereka mencari cara untuk mendokumentasikan kegiatan dan cerita mereka. 

Orang Mesir berhasil meciptakan tinta pertama menggunakan campuran getah sayuran, jelaga, dan lilin lebah. Demikian pula, mereka membuat jenis kertas pertama dari daun papirus yang dibuat dengan menekan dan memeras pulp (proses yang mirip dengan apa yang dilakukan hari ini, meskipun kertas modern menjadi semakin tipis dan halus seiring dengan prosesnya).

Dokumen kertas dan tinta ini masih ada sampai sekarang dan menunjukkan awal dari kertas dan tinta modern yang digunakan di seluruh dunia saat ini. 

3. Riasan
Meskipun riasan  juga tampak seperti ciptaan modern, riasan sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Riasan mata pertama kali ditemukan sekitar 4000 SM dan menggunakan teknik yang sangat mirip dengan pembuatan riasan saat ini. 

Jelaga dicampur dengan  galena  untuk membentuk bahan hitam yang dikenal sebagai kohl, yang kemudian digunakan untuk eyeliner. 

Riasan pada zaman Mesir Kuno dipakai oleh pria dan wanita sebagai simbol status dan juga untuk tujuan keagamaan. Orang-orang kelas atas dan bangsawan mengenakan riasan dalam jumlah besar dan eyeliner tebal.

4. Cukur dan potong rambut
Orang Mesir Kuno menganggap rambut panjang tidak higienis, dan panasnya Mesir mungkin membuat mereka tak nyaman dengan rambut panjang, Karena itu, mereka gemar mencukur dan potong rambut.

Kurangnya rambut juga merupakan bagian dari simbol status, dan janggut dianggap kelas rendah. Orang Mesir akhirnya menciptakan pisau cukur.

Pisau itu terbuat dari batu tajam yang dikikir menjadi pisau dan dimasukkan ke dalam gagang kayu.

5. Kunci pintu
Pada 4000 SM, kunci gelas pin, yang mirip dengan gerendel, pertama kali dibuat. Kunci khusus ini terdiri dari baut berlubang, yang memiliki pin yang dapat digeser dengan memasukkan kunci. 

Karena kurangnya penyempurnaan, kunci pada saat itu lebih besar daripada yang modern. Juga berukuran lebih dari setengah meter, agak berat dan tidak praktis. 

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...