Bukan Musk, Buffett, Ambani Atau Bezos, Tapi Pria Inilah Orang Pertama di Dunia yang Menjadi Miliarder

Senin, 09 Mei 2022 | 10:15 WIB
Foto : Bukan Musk, Buffett, Ambani Atau Bezos, Tapi Pria Inilah Orang Pertama di Dunia yang Menjadi Miliarder Foto : Bukan Musk, Buffett, Ambani Atau Bezos, Tapi Pria Inilah Orang Pertama di Dunia yang Menjadi Miliarder

RIAU24.COM -  Tahukah Anda siapa miliarder pertama di dunia? Bukan, bukan Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, atau Warren Buffett. Beberapa dekade sebelum orang-orang ini menjadi super kaya dan miliarder, seorang pengusaha Amerika diyakini telah mendapatkan gelar miliarder pertama di dunia. 

Pada tahun 1916, raja bisnis Amerika John Davison Rockefeller dilaporkan mencapai status 'miliarder' atas kepemilikannya atas perusahaan minyak Standard Oil, yang beroperasi dari tahun 1870 hingga 1911.

Baca Juga: Tahukah Anda, Gurita Akan Menyiksa Dan Membunuh Dirinya Sendiri Setelah Kawin, Inilah Alasannya

Pada puncaknya, Standard Oil dikatakan sebagai perusahaan minyak terbesar di dunia. dunia, dan kesuksesannya adalah apa yang diyakini telah menjadikan salah satu pendiri dan ketuanya, John D. Rockefeller, orang Amerika terkaya sepanjang masa.

John D. Rockefeller lahir pada tanggal 8 Juli 1839, dan meninggal pada tanggal 23 Mei 1937.  

John Davison Rockefeller

Sesuai laporan di Mirror review, miliarder Rockefeller selalu tidak takut bekerja keras. Dia memulai perjalanannya pada usia 16 tahun, mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai asisten pemegang buku di Hewitt & Tuttle, pedagang komisi, dan pengirim barang. 

Dan kemudian perjalanan untuk mendorong dan ketenaran dimulai pada tahun 1870 ketika Rockefeller mendirikan Standard Oil Company, yang akhirnya menjadi monopoli dominan di industri minyak.

Segera, kepemimpinan John D.Rockefeller di Standard Oil memberinya kekayaan sekaligus kontroversi. Pada tahun 1911, Mahkamah Agung memutuskan bahwa Standard Oil harus dibongkar karena melanggar undang-undang antimonopoli federal. Penghancuran Standard Oil yang diperintahkan pengadilan.

Pada tahun 1913, kekayaan pribadi Rockefeller, yang mencapai $900 juta, lebih dari 2% dari PDB AS sebesar $39,1 miliar tahun itu. 

Dan pada tahun 1916, Rockefeller diumumkan sebagai miliarder resmi pertama negara itu, dengan kekayaan senilai hampir 2% dari ekonomi nasional. Pada tahun 1937, kekayaan Rockefeller adalah 1,4 miliar atau 1,5% dari PDB 92 miliar!

John Davison Rockefeller telah mendirikan Standard Oil Company

Kutipan & Fakta Tentang Miliarder Pertama di Dunia

Miliarder juga menggunakan kekayaannya untuk mendanai tujuan filantropi dan melanjutkan dengan menulis kata-kata berikut, untuk meringkas hidupnya :

“ Saya sejak dini diajari untuk bekerja dan juga bermain, Hidup saya adalah liburan yang panjang dan bahagia;

Penuh pekerjaan dan permainan— saya menghilangkan kekhawatiran di jalan— dan Tuhan baik kepada saya setiap hari. 

Baca Juga: Pertama di Dunia, Perusahaan di London Ini Akan Membayar Gaji Karyawan Dalam Bentuk Emas

Sesuai laporan Mirror Review, beberapa fakta menarik lainnya tentang miliarder pertama di dunia, antara lain:

1. Setiap tahun, Rockefeller merayakan hari jadinya mendapatkan pekerjaan pertamanya.
2. Dia menyewa tentara pengganti untuk menghindari pertempuran Perang Saudara.
3. Rockefeller disebut sebagai salah satu orang yang membangun Amerika.
4. Winston Churchill akan menulis biografi Rockefeller—jika harganya tidak begitu tinggi .
5. Rockefeller menyumbangkan lebih dari USD S500 juta untuk berbagai kegiatan filantropi.
6. Yayasan Rockefeller adalah yayasan pemberi hibah terbesar di dunia dan pendirinya dianggap sebagai dermawan paling dermawan dalam sejarah AS.
7.Rockefeller (yang meninggal pada usia 97) hidup begitu lama sehingga perusahaan asuransi jiwanya harus membayarnya USD 5 juta.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...