Hewan-hewan Berikut Ini Bisa Berganti Jenis Kelamin dengan Sendirinya

Selasa, 10 Mei 2022 | 08:51 WIB
ilustrasi/google ilustrasi/google

RIAU24.COM - Jenis kelamin sebagian besar dipengaruhi oleh genetika, namun lingkungan juga memainkan peran penting dalam sejumlah spesies tertentu.

Baca Juga: Ini Peristiwa Penting yang Terjadi dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

1. Katak

Sejumlah besar katak jantan telah terbukti membalikkan jenis kelamin mereka. Studi menunjukkan bahwa pestisida atrazin adalah penyebab pertukaran gender. 

Baca Juga: Jadi Pria Paling Tua di Australia, Dexter Kruger Akui Konsumsi Otak Ayam Miliki Pengaruh Besar

Saat bahan kimia masuk ke danau dan sungai, ia menekan produksi hormon seks katak jantan, testosteron, sambil meningkatkan estrogen, hormon seks betina.

2. Siput


Anggota keluarga moluska gastropoda, makhluk tanpa cangkang ini memiliki organ reproduksi jantan dan betina dan dapat membuahi sendiri. Implikasi evolusinya luar biasa, karena dua siput dewasa mana pun dapat kawin dan kedua belah pihak dapat hamil.  

3. Ular
Sementara kebanyakan ular betina membutuhkan pasangan untuk bertelur, beberapa mampu partenogenesis - juga disebut reproduksi aseksual - sebuah proses di mana mereka membuahi diri sendiri dan bertelur. 

4. Naga Berjanggut


Reptil Australia ini bisa mengubah jenis kelamin saat masih dalam telur. Faktor penentu untuk peralihan mereka adalah kombinasi kromosom dan suhu luar, yang berarti bahwa tergantung pada seberapa panas di luar sel telur jantan yang dibuahi bisa menjadi betina. 

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...