Inilah 4 Tanaman Penghasil Emas, Ada yang Berasal dari Indonesia Lho...

Selasa, 10 Mei 2022 | 11:13 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM - Emas merupakan logam mulia yang tidak lekang dimakan waktu. Sudah sejak lama, emas dijadikan sebagai investasi bagi orang Indonesia. Pembeli emas akan mendapatkan sertifikat atau penanda besaran karat. Bentuk emas pun beragam, ada yang batangan maupun sudah diolah menjadi perhiasan. Emas memang logam mulia yang lunak dan mudah ditempa. Indonesia adalah salah satu negara penghasil emas terbanyak di dunia. Dari Sabang sampai Merauke, terdapat daerah yang tanahnya banyak mengandung emas.

Serpihan atau bongkahan emas biasanya terkandung di dalam tanah, aliran sungai, atau batu. Rupanya, bukan hanya berada di dalam tanah, ada juga tanaman yang mengandung emas. Pohon yang mengandung emas tersebut layaknya pompa. Membawa air melalui akar yang kemudian mendistribusikannya ke seluruh bagian pohon.

Baca Juga: Bukan Bumi Planet dengan Gunung Berapi Terbanyak di Alam Semesta

Apakah tanaman itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Pohon kayu putih mengandung emas

Siapa sangka pohon kayu putih mengandung partikel emas. Hal tersebut telah dibuktikan oleh peneliti dari Australia. Dalam jurnal yang mereka publikasikan, menyebutkan bahwa partikel emas di pohon kayu putih banyak terdapat pada daun. Partikel emas juga terkandung pada ranting dan pohon kayu putih.

 

Ilustrasi pohon kayu putih. [Sumber Gambar]

Namun, jangan membayangkan jumlah emas pada pohon kayu putih banyak. Menurut para peneliti, dibutuhkan setidaknya 500 pohon kayu putih untuk menghasilkan cincin emas. Menariknya, pohon kayu putih yang mengandung partikel emas tersebut menunjukkan bahwa ada kandungan emas di tanah sekitarnya dengan kedalaman lebih dari 30 meter.

Bukan cuma peneliti dari Australia yang menemukan adanya pohon mengandung emas. Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB University) pun membuktikan bahwa ada pohon emas yang tumbuh di Indonesia. Pohon tersebut terutama tumbuh di daerah yang tanahnya mengandung logam tinggi. Tanaman yang menyerap logam tersebut disebut hiperakumulator. Pohon tersebut sebenarnya bukan hanya dapat menyerap emas, melainkan logam mulia lain seperti perak, nikel, dan platinum.

Daun dan bunga jarak pagar, yang disebut mengandung emas. [Sumber Gambar]

Beberapa pohon emas di Indonesia adalah jarak pagar, jarak kastor, mindi, dan kemiri sunan. Pohon tersebut merupakan penghasil minyak yang bukan untuk konsumsi. Apakah kamu tahu minyak atsiri yang biasa digunakan sebagai essential oil? Rupanya ada pohon penghasil minyak atsiri yang berpotensi mengandung emas, misalnya vetiveria zizanioides, bentuknya seperti daun pandan.

Baca Juga: Mengejutkan, Indonesia Dinobatkan Sebagai Pengguna VPN Terbesar Ketiga di Dunia

Jamur merah muda mengandung emas

Ilustrasi jamur berwarna merah muda. [Sumber Gambar]

Serupa dengan pohon minyak kayu putih, ada jamur merah muda yang juga mengandung partikel emas. Jamur merah muda tersebut ditemukan di Australia Barat dan sudah diteliti oleh peneliti dari sana. Ukuran jamur merah muda cenderung lebih besar karena berinteraksi dengan emas di tanah. Dapat dikatakan, jamur merah muda tersebut merupakan penanda adanya kandungan emas pada tanah yang ia tumbuhi.

Daun pandan penunjuk adanya berlian di tanah

Ada pohon yang mengandung emas dan menandakan adanya kandungan emas di tanah sekitarnya. Ternyata ada juga tumbuhan yang menjadi penanda berlian di tanah yang ditumbuhinya. Namun, bukan semua jenis pandan melainkan pandanus candelabrum, atau lebih dikenal sebagai pandan lilin. Pandan lilin berbeda dengan pandan yang banyak tumbuh di Indonesia. Pasalnya, pandan lilin banyak tumbuh di daerah gurun, tepatnya di Afrika.

Ilustrasi pandan lilin, tanaman penunjuk berlian di dalam tanah. [Sumber Gambar]

Peneliti dari Florida International University Stephen Haggerty membuktikan bahwa terdapat berlian di dalam tanah yang ditumbuhi pandan lilin. Tumbuhan ini biasanya hanya tumbuh di tanah yang mengandung kimberlite, salah satu jenis batu.

Pohon yang mengandung emas tersebut dapat memudahkan penambangan emas. Tentunya harus dibarengi dengan alat penunjuk emas yang lebih canggih. Apakah ada tumbuhan serupa di daerah kalian?

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...