Ternyata Bukan Karena Harta, Takhta dan Tunjangan Hari Tua, ini Alasan Orang Berbondong-bondong Ngelamar Kerja Jadi PNS

Minggu, 15 Mei 2022 | 05:48 WIB
Ilustrasi PNS. Sumber: Haluan Padang Ilustrasi PNS. Sumber: Haluan Padang

RIAU24.COM -  Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni membeberkan alasan banyak orang memilih PNS sebagai sumber mata pencarian mereka.

Hal ini diketahui setelah KemenPANRB melakukan survei terhadap lebih dari 15.000 responden yang merupakan ASN dikutip dari okezone.com, Minggu, 15 Mei 2022.

Katanya, alasan utamanya adalah ingin mengabdi kepada bangsa dan negara.

Baca Juga: Ini Peristiwa Penting yang Terjadi dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

“Yang paling dominan adalah lebih dari 84 persen responden mengatakan ingin berkontribusi langsung kepada negara, ingin melayani bangsa, ingin melayani masyarakat," sebutnya.

"Inilah alasan paling besar orang memilih ASN. Dan diantara pilihan yang lain mereka menempatkan ini sebagai prioritas," ujarnya.

Tambahnya, guru masih menjadi salah satu pekerjaan yang diminati banyak masyarakat untuk masuk ke jalur PNS.

Alasannya tentu karena PNS guru banyak mendapatkan tunjangan dari negara. Misalnya, selain gaji pokok, guru PNS juga mendapatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD), sampai tunjangan keluarga.

Baca Juga: Jadi Pria Paling Tua di Australia, Dexter Kruger Akui Konsumsi Otak Ayam Miliki Pengaruh Besar

Menyikapi tingginya minat masyarakat untuk menjadi PNS, mereka mengaku bertindak tegas pada sejumlah nama calon pegawai negeri sipil (CPNS) terbukti melakukan kecurangan dalam Seleksi Penerimaan CPNS 2021.

"Kami tidak akan berhenti mendiskualifikasi kepada calon peserta yang terlibat. Kalau bisa, kami blacklist sekalian, tidak boleh ikut seleksi berikutnya," sebutnya.

PenulisR24/azhar


Loading...

Loading...