Ini Peristiwa Penting yang Terjadi dalam Sejarah Islam di Bulan Syawal

Sabtu, 21 Mei 2022 | 23:31 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Dalam bulan Syawal, kedudukan dan derajat kaum muslimin meninggi di sisi Allah Subhanahu Wataala.

Tak hanya itu, Syawal juga merupakan ajang untuk membuktikan umat Islam mampu mempertahankan dan meningkatkan keimanannya.

Yang tak kalah pentingnya, tercatat ada beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Syawal dikutip dari liputan6.com.

Pertama Peristiwa Perang Uhud. Kejadian penting ini terjadi pada tanggal 15 Syawal Tahun 3 Hijriah atau tepatnya tiga tahun setelah Nabi Muhammad melaksanakan hijrah.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ternyata Ini Makna Cewek Kue, Mamba, dan Bumi Dalam Berpakaian

Sebanyak kurang lebih 700 pasukan Islam melawan pasukan kafir yang berjumlah kurang lebih 3000 pasukan.

Perang Uhud juga merupakan perang kedua yang dilakukan oleh kaum Muslimin setelah sebelumnya melakukan perang Badar.

Dalam peristiwa perang ini, pasukan Islam sempat memenangkan peperangan. Namun, karena ketidakpatuhan beberapa pasukan, khususnya pasukan pemanah tergiur melihat ghanimah atau harta rampasan perang milik pasukan musyrik yang telah dipukul mundur.

Yang kedua Perang Khandaq. Pertikaian ini terjadi pada bulan Syawal tahun kelima setelah hijrah. Perang ini merupakan salah satu perang yang cukup terkenal sampai saat ini.

Karena dalam Perang Khandaq, strategi yang digunakan dicetuskan oleh seorang Persia Muslim yang bernama Salman Al Farisi.

Yang ketiga Perang Bani Qainuqa. Perang ini terjadi pada bulan Syawal tahun kedua hijriah. Pada saat itu, umat Islam menghadapi fitnah yang luar biasa dari kaum Yahudi.

Atas kejahatan dan pengkhianatan itulah, Rasulullah memutuskan untuk mengusir kaum Yahudi dari kota Madinah dan beliau langsung yang memimpin pasukan muslim untuk menghalau kaum Yahudi keluar dari Madinah.

Berikutnya adalah Perang Hunain. Pertempuran ini terjadi pada tahun kedelapan Hijriyah bulan Syawal. Saat itu, kaum muslim menghadapi suku Hawazin dan suku Tsaqif, dua suku yang tinggal sebelah timur laut Mekah yang khawatir akan diserang pihak Muslim juga setelah Fathul Makkah.

Dua pekan lamanya Perang Hunain berlangsung setelah Rasulullah berhasil memimpin kaum muslim dalam menaklukkan Mekah tanpa pertumpahan darah.

Tak hanya melulu soal peperangan, peristiwa penting lain yang terjadi di bulan syawal ketika Nabi Muhammad menikah Aisyah ra. Tepatnya terjadi di tahun ke-10 kenabian pada bulan Syawal.

Baca Juga: Mengenal Tragedi Paiton 2003, Kecelakaan Maut yang Mengerikan

Pernikahan ini selanjutnya menciptakan hikmah luar biasa dalam sejarah periwayatan hadis-hadis Rasulullah.

Di bulan Syawal pula, Rasulullah melangsungkan pernikahan dengan Ummu Salamah di tahun kedua bulan Hijriyah pasca perang badar.

PenulisR24/azhar


Loading...

Loading...