Inilah Penyebab Timbulnya Bintik Putih di Kuku

Jumat, 27 Mei 2022 | 13:54 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM -Pernahkah kamu bertanya-tanya apa sebenarnya yang menyebabkan timbulnya bercak putih di kuku atau yang kerap disebut bunga kuku itu?

Baca Juga: Mengenal ACT, Lembaga yang Tersebar di 54 Negara Beserta Daftar Nama Petingginya

Menurut ahli dermatologi bersertifikat American Academy of Dermatology, Chris Adigun, ada beberapa penyebab bintik putih muncul pada kuku.

“Penyebab paling umum adalah trauma pada kuku, jadi benturan kecil di ujung jari Anda dapat menyebabkan bintik putih kecil di kuku saat tumbuh keluar,” kata Adigun kepada Newsweek.

Baca Juga: Viral Lagi! Videonya Soal Beli 'Real Madrid', Begini Klarifikasi Yusuf Mansur

“Selain itu, trauma pada kuku sendiri bisa meninggalkan white spot. Hal ini secara teknis dikenal sebagai punctate leukonychia. Masalahnya, trauma sering mendahului white spot berminggu-minggu bahkan lebih dari sebulan, jadi banyak yang mengalami white spot sudah lupa kukunya pernah terbentur,” kata Adigun lagi.

Faktor lain yang dapat menyebabkan bintik-bintik putih termasuk penggunaan cat kuku yang berkepanjangan, yang dapat menyebabkan area putih kecil terbentuk di permukaan kuku yang dikenal sebagai granuloma keratin. Ini terbentuk karena kerusakan sebagian permukaan lempeng kuku.

Menurut Adigun, beberapa infeksi jamur juga dapat menyebabkan bintik-bintik putih pada permukaan kuku yang konsistensinya seperti tepung.

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...