Apa Sih Sebenarnya Tugas dan Pekerjaan Seorang Jurnalis?

Kamis, 16 Juni 2022 | 00:04 WIB
Istock, ilustrasi Istock, ilustrasi

RIAU24.COM Jurnalis bekerja layaknya pendongeng. Mereka menulis dan melaporkan berita tentang segala hal, mulai dari masalah sosial, politik, olahraga, dan hiburan. 

Baca Juga: Simak Perjalanan Pizza dari Kota Kecil di Italia hingga Mendunia

Seorang jurnalis menyajikan informasi sehingga orang lain dapat membentuk opini dan membuat keputusan yang bijaksana. 

“Wartawan mendidik dan menginformasikan publik tentang peristiwa dan isu, dan bagaimana hal itu mempengaruhi kehidupan mereka,” kata Rebecca Briscoe, reporter fitur nasional Houston Style Magazine.

Baca Juga: Alami Patah Hati? Berikut Tips Move On Paling Ampuh

Tapi untuk mendongengi orang-orang jurnalis butuh kerja keras. Para jurnalis, atau akrab juga dipanggil wartawan, harus meliput kejadian, membaca siaran pers, menghadiri rapat, memverifikasi fakta, meneliti dan menyelidiki satu topik, mewawancarai narasumber dan masih banyak lagi.

Sejarah singkat jurnalistik
Produk jurnalistik pertama adalah lembar berita yang diedarkan di Roma kuno: Acta Diurna, berasal dari sebelum 59 SM. 

Acta Diurna merekam peristiwa penting sehari-hari seperti pidato publik, diterbitkan setiap hari dan digantung di tempat-tempat yang ramai dan dipenuhi orang.

Selama dinasti Tang, dari 618 M hingga 907 M, Cina menyiapkan laporan pengadilan, yang kemudian dinamai bao, untuk dibagikan kepada pejabat pemerintah dengan tujuan agar mereka tetap mendapat informasi tentang peristiwa yang relevan.

Di Indonesia sendiri, sejarah jurnalistik berawal dari masa pendudukan Belanda. Ditandai dengan terbitnya surat kabar Memories der Nouvelles pada 1615 oleh Gubernur Jenderal VOC Jan Pieterzoon Coen.

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...