Kerap Melakukan Hal Seperti Ini Menurut Studi Akan Memperpendek Usia, Kok Bisa?

Kamis, 16 Juni 2022 | 13:25 WIB
Ilustrasi. Sumber: Gramedia Ilustrasi. Sumber: Gramedia

RIAU24.COM - Salah satu lembaga studi terkemuka di dunia Buck Institute for Research on Aging mengatakan jika menggunakan ponsel terlalu lama akan berdampak langsung pada lamanya kehidupan kita di dunia.

Hal ini diketahui setelah mereka menguji coba lalat buah dengan tujuan mempelajari hubungan antara paparan dan berapa lama mereka hidup.

Lalat buah dipilih karena memiliki proses biologis yang mirip dengan manusia.

Baca Juga: Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah 1443 H, Beserta Jadwal dan Keutamaannya

Setelah semua disimpulkan, alasan dibalik semua itu ternyata karena ritme sirkadian. Jam tubuh 24 jam tubuh yang mengatur fungsi tubuh kita sepanjang hari, berada di balik ini dikutip dari liputan6.com.

Ritme sirkadian beradaptasi dengan berbagai tingkat cahaya dan suhu saat bergerak sepanjang hari, menarik tali dengan hormon yang membuat kita lapar atau lelah.

Bekerja pada shift malam, menonton TV atau terpapar cahaya di malam hari dapat membuat proses tubuh yang seimbang ini tidak teratur, yang bisa menjadi berita buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Organisme Luar Biasa Ini Bisa Bertahan di Luar Angkasa

Yang paling utama yakni menatap layar komputer dan ponsel, dan terpapar polusi cahaya hingga larut malam, adalah kondisi yang sangat mengganggu jam sirkadian.

"Ini mengacaukan perlindungan untuk mata dan itu bisa memiliki konsekuensi di luar penglihatan, merusak seluruh tubuh dan otak," sebut Penulis senior Profesor Pankaj Kapahi.

PenulisR24/azhar


Loading...

Loading...