5 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia, Ini Daftarnya!

Kamis, 16 Juni 2022 | 16:08 WIB
Berikut 5 kota, negara yang memiliki kualitas udara terbaik/ilustrasi net Berikut 5 kota, negara yang memiliki kualitas udara terbaik/ilustrasi net

RIAU24.COM Kualitas udara saat ini sangat penting untuk kehidupan manusia sebagai faktor kesehatan. Apalagi untuk kota-kota besar di bagian negara belahan dunia.

Berdasarkan World Air Quality Index yang dikutip pada Kamis (16/6/2022) ada beberapa kota yang masih memiliki kualitas udara baik. Diantaranya, Kaohsiung, Kota New York, Sydney, Melbourne dan Moscow.

Dalam laporannya, kualitas AQI US terbaik yakni dalam rentan 0-50. Berikut beberapa kota, negara yang memiliki kualitas udara dan polusi kota terbaik menurut rangking IQAir.

Baca Juga: Simak Perjalanan Pizza dari Kota Kecil di Italia hingga Mendunia

1. Kaohsiung, Taiwan.

Kaohsiung, Taiwan memiliki indeks AQI US 17 dengan pengikut sebanyak 1.100.000 orang. Konsentrasi PM2.5 di udara Kaohsiung saat ini memenuhi nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Kota Kaohsiung, Taiwan adalah sebuah manispalitas setingkat provinsi di Taiwan, Republik Tiongkok yang sekarang hasil penggabungan dari Kota Kaohsiung dan Kabupaten Kaohsiung sejak 25 Desember 2010. Luas kota Kaohsiung 2.952 km².

Dibatasi oleh pegunungan di utara dan Laut China Selatan di selatan, kota pesisir Kaohsiung merupakan kota terbesar di Taiwan setelah Taipei.

2. Kota New York, Amerika Serikat.

Kota New York, Amerika Serikat memiliki indeks AQI US 4 dengan pengikut sebanyak 2.200.000 orang. Konsentrasi PM2.5 di udara New York saat ini memenuhi nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Kota New York, Amerika Serikat merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. Kota ini memiliki pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode riset, penelitian dan hiburan dunia. Memiliki luas 783,8 km².

Banyak distrik dan tanda pada tanah di kota ini yang dikenal di luar negeri. Patung Liberty langsung terlihat saat jutaan imigran ketika mereka datang ke Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Times Square, dijuluki sebagai "The Crossroads of the World" (Perlintasan Dunia), adalah hub distrik teater Broadway penuh cahaya, salah satu perlintasan pejalan kaki tersibuk di dunia, dan sebuah pusat industri hiburan besar dunia.

3. Sydney, Australia.

Sydney, Australia memiliki indeks AQI US 5 dengan pengikut 1.300.000 orang. Konsentrasi PM2.5 di udara Sydney saat ini memenuhi nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Sydney, Australia merupakan ibukota dari negara bagian New South Wales. Wilayah metropolitan ini memiliki luas yang sangat besar yakni 12.368 km². Sydney dijuluki dengan sebutan 'The Harbour City'.

Kota ini menawarkan berbagai hal yang menyenangkan dan menarik dengan menyajikan kesegaran udara dan hidangan yang unik serta penduduk yang menghargai bagaimana cara menikmati hidup.

4. Melbourne, Australia

Melbourne, Australia memiliki indeks AQI US 5 dengan pengikut 570.200 orang. Konsentrasi PM2.5 di udara Melbourne saat ini memenuhi nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Melbourne, Australia merupakan kota di negara bagian Victoria sekaligus kota terpadat kedua di Australia. Luas kota ini yakni 9.992 km² terdiri dari satu wilayah metropolitan dan 31 kotamadya. Melbourne juga menjadi kawasan pusat kota. Melbourne selalu ada kemeriahan, apakah dengan cita rasa yang mengesankan atau persaingan olahraga yang sengit di kota ini.

Baca Juga: Alami Patah Hati? Berikut Tips Move On Paling Ampuh

5. Moscow, Russia

Moscow, Rusia memiliki indeks AQI US 6 dengan pengikut 811.700 orang. Konsentrasi PM2.5 di udara Moskow saat ini memenuhi nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Moskow, Rusia merupakan ibukota Rusia sekaligus pusat politik, ekonomi, budaya, dan sains utama di negara tersebut. Moscow memiliki luas 2.511 km² dengan populasi terbanyak di negara bagian rusia. Red Square merupakan lapangan kota terbesar di Rusia yang juga menjadi ikon wisata ternama di negara ini.

Moscow juga terkenal dengan kota yang memiliki bangunan bersejarah yang menjadi nilai pariwisata dunia.*

PenulisR24/hilda


Loading...

Loading...