Tahukah Anda Kandungan Dalam Singkong Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 20 Juni 2022 | 13:30 WIB
Manfaat singkong/net Manfaat singkong/net

RIAU24.COM - Siapa yang tidak mengenal singkong? Singkong merupakan salah satu bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh manusia pengganti nasi dan kentang.

Sebagian daerah ada yang menjadikan singkong sebagai makanan wajib ada setiap harinya.

Adapun kandungan singkong antara lain.

Air: 61,4 gram

Karbohidrat: 36,8 gram

Energi: 154 kalori

Protein: 1,0 gram

Serat: 0,9 gram

Baca Juga: Simak Perjalanan Pizza dari Kota Kecil di Italia hingga Mendunia

Lemak: 0,3 gram

Kalium: 394 miligram

Kalsium: 77 miligram

Vitamin C: 31 miligram

Fosfor: 24 miligram

Manfaat singkong salah satunya adalah membantu kesehatan tubuh.

Artikel ini akan membagikan beberapa manfaat singkong untuk kesehatan tubuh dirangkum dari beberapa sumber.

Pertama, singkong bisa membantu untuk menambah energi. Menurut alodokter singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram singkong terkandung 110-150 kalori dan jumlah ini lebih tinggi daripada kalori pada umbi jenis lainnya.Kalori yang tinggi ini dapat menghasilkan energi ekstra untuk menjalani hari.

Kedua, memiliki kandungan antioksidan yang baik. Singkong memiliki kandungan vitamin C, vitamin A dan beta-karoten yang berfungsi melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung dan mengatasi kerutan di kulit. Lainnya antioksidan itu dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kekambuhan gejala asma, resiko kanker dan baik untuk perawatan kulit dan mata.

Baca Juga: Alami Patah Hati? Berikut Tips Move On Paling Ampuh

Selanjutnya, singkong dapat membantu mengontrol gula darah. Singkong merupakan makanan dengan nilai indeks glikemik rendah yang mana artinya makanan ini tidak membuat kadar gula darah cepat naik. Singkong diklaim sebagai obat alternatif untuk mengatasi kelelahan, diare, infeksi, masalah kesuburan dan menginduksi persalinan.

Terakhir, membantu mencegah sembelit. Dalam kandungan singkong ada pati resisten dalam jumlah yang cukup tinggi. jenis serat tersebut membantu kelancaran pencernaan sehingga dapat mencegah  sembelit dan juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik untuk melindungi usus dari peradangan.*

PenulisR24/hilda


Loading...

Loading...