Apa Itu Juneteenth? Hari Peringatan Kebebasan Para Budak di Amerika Serikat

Selasa, 21 Juni 2022 | 11:06 WIB
Juneteenth Juneteenth

RIAU24.COM Juneteenth (kependekan dari "June Nineteenth") menandai hari ketika pasukan federal tiba di Galveston, Texas pada tahun 1865 untuk mengambil alih negara dan memastikan bahwa semua orang yang diperbudak dibebaskan. 

Kedatangan pasukan terjadi dua setengah tahun penuh setelah penandatanganan Proklamasi Emansipasi. 

Juneteenth menghormati berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat dan dianggap sebagai hari libur Afrika-Amerika terlama. Pada 17 Juni 2021, secara resmi menjadi hari libur federal.

Proklamasi Emansipasi

Proklamasi Emansipasi yang dikeluarkan oleh Presiden Abraham Lincoln pada tanggal 1 Januari 1863, telah menetapkan bahwa semua orang yang diperbudak di negara-negara Konfederasi yang memberontak melawan Persatuan ‘akan bebas, sejak saat itu, dan selamanya’.

Namun kenyataannya, Proklamasi Emansipasi tidak serta merta membebaskan orang-orang yang diperbudak. 

Proklamasi hanya berlaku untuk tempat-tempat di bawah kendali Konfederasi dan tidak untuk negara-negara perbatasan yang memegang budak atau daerah pemberontak yang sudah berada di bawah kendali Union. 

Baca Juga: Organisme Luar Biasa Ini Bisa Bertahan di Luar Angkasa

Juneteenth dan Perbudakan di Texas

Di Texas, perbudakan terus berlanjut karena negara bagian tidak mengalami pertempuran skala besar atau kehadiran pasukan Union yang signifikan. 

Banyak budak dari luar Lone Star State telah pindah ke sana, karena mereka memandangnya sebagai tempat yang aman untuk perbudakan.

Setelah perang berakhir pada musim semi tahun 1865, kedatangan Jenderal Granger di Galveston pada bulan Juni menandakan kebebasan bagi 250.000 orang Texas yang diperbudak. 

Meskipun emansipasi tidak terjadi dalam semalam untuk semua orang—dalam beberapa kasus, para budak menyembunyikan informasi tersebut sampai setelah musim panen—perayaan pecah di antara orang kulit hitam yang baru dibebaskan, dan Juneteenth lahir. 

Baca Juga: Inilah Arti dan Makna Tatapan Anjing kepada Anda

Pada bulan Desember, perbudakan di Amerika secara resmi dihapuskan dengan diadopsinya Amandemen ke-13.

Tahun setelah 1865, orang-orang merdeka di Texas menyelenggarakan yang pertama dari apa yang menjadi perayaan tahunan "Hari Jubilee" pada 19 Juni. 

Dalam dekade-dekade berikutnya, peringatan Juneteenth menampilkan musik, barbekyu, kebaktian doa dan kegiatan lainnya, dan ketika orang kulit hitam bermigrasi dari Texas ke bagian lain negara itu, tradisi Juneteenth menyebar.

Pada tahun 1979, Texas menjadi negara bagian pertama yang menjadikan Juneteenth sebagai hari libur resmi.

Beberapa negara lain mengikutinya selama bertahun-tahun. Pada Juni 2021, Kongres mengeluarkan resolusi yang menetapkan Juneteenth sebagai hari libur nasional. Presiden Biden menandatanganinya menjadi undang-undang pada 17 Juni 2021.

PenulisR24/tya


Loading...

Loading...