Daya Tarik Air Terjun Sikulikap Sumatera Utara: Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Selasa, 21 Juni 2022 | 13:25 WIB
Keindahan Air Terjun Sikulikap dan Harga Tiket Masuk/net Keindahan Air Terjun Sikulikap dan Harga Tiket Masuk/net

RIAU24.COM Air terjun merupakan destinasi wisata yang diminati berbagai golongan usia dan pekerjaan. Salah satunya Air terjun sikulikap menawarkan keindahan alam dan kesejukan daerah sekitar ketika seseorang mengunjunginya.

Air terjun sikulikap merupakan wisata air terjun yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Tepatnya berada di bawah daerah Penatapan Doulu.

Air terjun sikulikap ini tak banyak diketahui orang, air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter ternyata memiliki aroma hutan dan cemara yang memukau.

Baca Juga: Simak Perjalanan Pizza dari Kota Kecil di Italia hingga Mendunia

Telah menjadi objek wisata, lokasi air terjun sikulikap ini telah memfasilitasi banyak aktivitas pengunjung salah satunya rekreasi olahraga.


Sumber: internet

Menuju air terjun sikulikap

Seperti air terjun pada umumnya, untuk sampai ke air terjun sikulikap ini harus melalui jalanan terjang dan treking dari pintu masuknya.

Pintu masuk menuju lokasi air terjun sikulikap ini berada di gapura perbatasan Deli Serdang Kabupaten Karo. Dari pintu masuk tersebut pengunjung harus menyusuri jalur trekking dengan estimasi selama 15 menit.

Menunjang aktivitas pengunjung, jalanan treking saat ini sudah rapi dan ber beton serta tanah yang curam sudah disediakan tangga. Sebagai daya tarik wisata akses menuju surga dunia air terjun sikulikap ini telah dikelola dengan baik.

Pengelola juga sudah membuat pengamanan pagar di setiap sisi yang mengarah ke jurang.

Pemandangan perjalanan menuju air terjun pun tak kalah indah. Adanya pepohonan yang berjajar tinggi menjulang menjadi lokasi estetik sebelum bertemu dengan air terjun. Seperti hutan tertata, di sepanjang jalan akan ditemukan berbagai jenis jamur, anggrek hutan, serta kera.


Sumber: internet

Harga tiket masuk dan jam buka

Objek wisata ini buka 06.00 s/d 20.00 WIB, namun pengamanan terus dilakukan. Harga tiket masuk berbeda menurut moda transportasi yang digunakan.

Tiket masuk pejalan kaki Rp5.000

Tiket masuk motor Rp20.000

Tiket masuk mobil Rp60.000

Atraksi dan keindahan air terjun sikulikap

objek wisata ini telah menjadi destinasi cukup terkenal di masyarakat Sumatera Utara dan sekitarnya. Pengelola juga sudah menata kembali sehingga air terjun sikulikap ini menjadi opsi terbaik untuk pecinta wisata alam.

Adapun keindahan dan atraksi yang bisa dilakukan dalam objek wisata ini adalah.

1. Menikmati suasana hutan alami

Air terjun sikulikap memiliki hutan tersendiri untuk sampai ke objek air terjun tersebut. Pepohonan cemara yang menjulang tinggi membuat keindahan yang luar biasa ditemukan. Ada pula kedatangan kera yang sudah jinak berada dalam hutan tersebut.

2. Nongkrong di sekitar objek wisata

Kawasan air terjun sikulikap telah menjadi daya tarik tersendiri untuk pemerintah Sumatera Utara. Saat ini, telah ditemukan beberapa cafe atau tempat makan sebagai sarana pendukung objek wisata air terjun tersebut.

Cafe ini dibuat dengan sementara menggunakan kayu dan memiliki jembatan yang sangat cocok dijadikan tempat nongkrong sembari menikmati suara sayup gemuruh airnya.

3. Adanya sudut foto instagramable


Sumber: internet

Sarana pendukung lainnya yang ada di kawasan air terjun sikulikap yakni, spot-spot foto yang ditawarkan sudah sangat bagus dan memperlihatkan semua keindahan air terjun tersebut. Hal yang paling wajib dilakukan oleh para pariwisata adalah mengambil momen yang menunjukkan latar belakang lokasi tujuan. Air terjun sikulikap ini pun telah menawarkan hal tersebut.

Baca Juga: Alami Patah Hati? Berikut Tips Move On Paling Ampuh

4. Dijadikan area camping

Suasana Hutan yang bagus dan tidak berbahaya menjadikan daerah sekitar air terjun sikulikap ini menjadi pilihan untuk melakukan camping atau berkemah.

Tempat perkemahan tersebut memiliki jarak aman sekitar 150 meter dari air terjun. Suasana hutan yang sejuk dan pengunjung pun diperbolehkan untuk membuat api unggun. Himbauan untuk melakukan kemah harus beramai-ramai agar lebih aman dan dapat terkendali.

5. Fasilitas yang tersedia

Adapun beberapa fasilitas umum yang telah tersedia yakni, lahan parkir, warung atau tempat makan, gazebo, penginapan, toilet umum dan lainnya.

Itulah beberapa informasi yang bisa diberikan mengutip dari beberapa sumber lama pariwisata medan. Aktivitas dan wisata alam yang ditawarkan membuka rasa penasaran untuk merasakan nuansa petualangan sejati.*

PenulisR24/hilda


Loading...

Loading...