Apa Itu Ulkus Dekubitus? Penyakit yang Pernah Diderita Rima Melati Sebelum Meninggal Dunia

Jumat, 24 Juni 2022 | 07:53 WIB
Rima Melati, selebriti senior yang menderita Ulkus Dekubitus /journal.sociolla.com Rima Melati, selebriti senior yang menderita Ulkus Dekubitus /journal.sociolla.com

RIAU24.COM - Kabar duka datang dari dunia selebriti tanah air. Artis senior Rima Melati dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (23/6/22) di salah satu rumah sakit di Bintaro.

Sebelumnya Rima Melati sempat dilarikan ke ICU hingga menghembuskan nafas terakhirnya kemarin sore. Rima Melati disemayamkan di RSPAD Gatot Subroto.

Rima Melati sempat dikabarkan sering drop oleh Widyawati karena penyakit yang dideritanya yaitu Ulkus Dekubitus dan rasa kehilangan atas kepergian suaminya.

Apa Itu Ulkus Dekubitus?

Dilansir dari woundsource.com, Ulkus dekubitus adalah luka kulit terbuka yang terkadang dikenal sebagai luka tekan atau luka baring. Ulkus dekubitus terbentuk di mana tekanan dari tubuh berat tubuh menekan kulit ke permukaan yang keras, seperti tempat tidur atau kursi roda. 

Tekanan tersebut memotong suplai darah ke kulit dan melukai sel-sel jaringan. Awalnya, kulit biasanya terlihat merah atau sedikit berubah warna. Akhirnya, jika tekanan tidak berkurang, kulit rusak dan jaringan mati (nekrosis). Dengan perawatan dan pengobatan diagnostik yang tepat, kebanyakan orang dengan ulkus dekubitus memiliki prognosis yang baik untuk pemulihan.

Dimana Ulkus Dekubitus Terbentuk?

Tekanan yang menyebabkan pembentukan ulkus dekubitus tidak harus terlalu kuat. Umumnya, ulkus dekubitus berkembang pada kulit yang menutupi area tulang tubuh seperti:

-    Area bokong dan pinggul
-    Tulang belakang dan bahu
-    Tulang ekor
-    Pergelangan kaki, siku dan tumit

Siapa yang Berisiko untuk Terkena Ulkus Dekubitus?

Individu dengan mobilitas terbatas dan yang tetap duduk atau berbaring dalam waktu yang lama dalam posisi yang sama rentan untuk mengembangkan ulkus dekubitus.

Orang yang lebih tua dengan kulit yang lebih rapuh juga berisiko. Faktor risiko lainnya termasuk:

-    Pola makan yang buruk dengan nutrisi yang tidak mencukupi untuk kesehatan kulit.
-    Tidak minum cukup air untuk menghidrasi kulit.
-    Kondisi medis seperti diabetes yang menyebabkan sirkulasi darah yang buruk ke jaringan kulit.

Tanda-Tanda Perkembangan Ulkus Dekubitus

Pengasuh orang yang berisiko terkena ulkus dekubitus harus secara teratur memeriksa area kulit yang rentan. Tanda-tanda yang harus dicari adalah:

-    Perubahan warna kulit
-    Area kulit terbuka
-    Infeksi dan tanda-tanda kulit panas atau merah
-    Nyeri di daerah tekanan
-    Kulit yang tidak akan menjadi cerah saat disentuh (eritema non-blanchable)
-    Area kulit yang teksturnya berbeda (lebih lembut atau lebih kencang) dari kulit di sekitarnya.

PenulisR24/tya


Loading...

Loading...