Terkuak, Ini Alasan Pesawat Tak Boleh Lewat di Atas Ka'bah sampai Pangkalan Udara AS Paling Rahasia

Jumat, 29 Juli 2022 | 16:41 WIB
Foto: Alasan Pesawat Tak Boleh Lewat di Atas Ka'bah sampai Pangkalan Udara AS Paling Rahasia Foto: Alasan Pesawat Tak Boleh Lewat di Atas Ka'bah sampai Pangkalan Udara AS Paling Rahasia

RIAU24.COM - Larangan transportasi tak hanya berlaku bagi kendaraan di udara dan darat saja.

Namun hal ini juga berlaku bagi pesawat terbang. Ada beberapa wilayah yang tidak boleh dilewati oleh pesawat dengan diberi nama zona larangan terbang.

Maskapai dan pilot harus mematuhi perintah larangan tersebut.

Ada beberapa tempat yang tidak boleh dilintasi oleh pesawat terbang.

Mulai dari situs bersejarah Machu Piccu, Taj Mahal, rumah pemain bola Lionel Messi hingga Disney World.

Inilah beberapa tempat yang dilarang dilintasi oleh pesawat terbang dengan alasan keamanan.

Baca Juga: Ini 5 Makanan yang Bantu Memperlambat Penuaan Sebelum Usia 50 Tahun

Larangan melewati Ka'bah, Makkah
Larangan pesawat melintas di atas Mekkah ini sudah tercatat di NOTAM (Organisasi Penerbangan Sipil Dunia).

Alasan teknis yang melarang tersebut karena alasan keagamaan. Namun, yang paling utama dari pemerintah Arab Saudi adalah orang nonmuslim dilarang memasuki Kota Suci walaupun mereka berada di pesawat.

Peraturan dari pemerintah sendiri ketat, dengan paksa masuk dan menjadi-pura muslim hal itu bisa insiden internasional.

Menyelinap masuk melihat Ka'bah saja, hukuman yang didapat bukan main-main. Untuk teori yang mengatakan bahwa adanya medan magnet besar atau zero magnetism area hingga pesawat dan burung tidak bisa melintas di atas Ka'bah, hal tersebut belum bisa dibuktikan.

Lokasi Kota Suci ini dikelilingi pegunungan dan perbukitan, sehingga suara dari pesawat dapat memantul dan dianggap menggangu ibadah orang-orang muslim. Namun, dengan beberapa alasan darurat dan keamanan, penerbangan menggunakan helikopter diizinkan.

Larangan melintasi Tibet
Salah satu alasan pemerintah menerbitkan larangan penerbangan melintasi Tibet adalah dengan alasan keamanan. Berada di pegunungan, kemungkinan yang terjadi bila pesawat terbang melintas adalah bahan bakarnya karena memiliki titik beku -47 derajat celsius.

Dengan ketinggian 14.000 kaki, maka tidak memungkinkan memungkinkan mengaktifkan bila darurat terjadi masalah.

Tak hanya itu, pasokan oksigen juga tidak akan mencukupi dalam ketigian itu. Namun, Tibet memiliki bandara yang beroperasi, yaitu Bandara Lhasa Gonggar di Lhasa dan Bandara nternasional Tribhuvan di Kathmandu. Tetapi, penerbangan lain akan melewati wilayah Tibet demi keamanan.
 
Larangan terbang di Area 51 Nevada
Area 51 merupakan area paling rahasia dan terlarang di Amerika Serikat. Dalam peta, Area 51 merupakan pangkalan udara yang berlokasi di Danau Groom, sebuah danau kering di gurun Nevada. Area ini dibangun untuk uji coba pada perang antara Amerika dan Uni Soviet. Banyak rumor mengatakan adanya UFO yang jatuh dan terlihat di lokasi tersebut dan sebagai uji coba pesawat tempur serta senjata nuklir.

Barack Obama adalah presiden AS pertama yang mengungkapkan area terlarang ini ke publik. Informasi larangan hanya sebatas karena termasuk fasilitas rahasia dan minim penjelasan. Demi keamanan, pihak pemerintah sendiri mengatakan tidak akan menoleransi pagi penyusup yang masuk.

Baca Juga: Apa Itu Vaskulitis? Penyakit yang Pernah Didiagnosis Ashton Kutcher yang Membuatnya Lumpuh Total

Larangan dibuat untuk dipatuhi demi keamanan bersama.

Karena tempat-tempat tersebut dapat berbahaya bagi keselamatan. risiko bagi para penumpang burung besi ini juga sangat dipertaruhkan. Meskipun para pilot harus memutar arah lebih jauh daripada melintasi di atasnya yang merupakan jalur tercepat.


 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...