Puasa Senin-Kamis: Niat, Tata Cara, Hukum dan Manfaatnya

Senin, 01 Agustus 2022 | 10:46 WIB
Ilustrasi Puasa/gramedia.com Ilustrasi Puasa/gramedia.com

RIAU24.COM - Puasa senin kamis sudah tidak asing bagi umat Islam di seluruh dunia. Puasa Senin Kamis punya banyak manfaat dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Puasa adalah bagian dari rukun Islam dan menjadi salah satu yang dianjurkan sebagai ibadah sunnah. Kegiatan menahan diri dari makan, minum dan yang paling utama adalah hawa nafsu, serta perbuatan yang membatalkan puasa ini dilakukan dari terbit hingga terbenamnya matahari.

Baca Juga: Keren! 5 Bangunan Angker Ini Dihargai sampai Puluhan Triliun, Padahal Sudah Kosong Puluhan Tahun

Lantas, Apa itu puasa senin-kamis?

Seperti namanya, puasa Senin Kamis dilakukan pada dua hari tersebut. Puasa adalah bentuk kesadaran diri bahwa Allah SWT selalu mengawasi dan melihat semua perbuatan yang Anda lakukan.

Puasa Senin Kamis tergolong ke dalam puasa sunnah. Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk umatnya.

Selain puasa Senin Kamis, ada juga puasa sunnah lain, seperti puasa Syawal, Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah, Daud, 'Asyura, Ayyamul Bidh, dan Sya'ban.

Berikut penjelasan mengenai niat, tata cara, hukum dan manfaat dari puasa senin-kamis, yang di rangkum dari beberapa sumber:

Niat Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis sangat mudah dan mirip seperti pelaksanaan puasa-puasa pada umumnya. Anda bisa melakukannya secara terus menerus pada hari Senin dan Kamis, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Niat puasa Senin Kamis bisa dilafalkan pada pagi atau siang setelah waktu fajar, asalkan tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Berikut niat puasa Senin Kamis:

1. Niat Puasa Senin

"Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta'ala."

2. Niat Puasa Kamis

"Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala."

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Setelah paham niat dan doa buka puasa Senin Kamis, saatnya mengetahui tata cara puasa Senin Kamis. Sejatinya, tata cara puasa Senin Kamis tak jauh berbeda seperti puasa Ramadhan. Ini dia tata cara puasa Senin Kamis:

1. Makan Sahur

Makan sahur adalah sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Namun, jika bangun terlambat dan tidak sempat sahur, puasa Senin Kamis Anda tetap sah.

2. Baca Niat

Niat Puasa Senin Kamis sebaiknya dibaca di malam hari, sebelum terbit fajar. Namun, Anda masih bisa membaca niat puasa Senin Kamis di pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal yang membatalkan puasa.

3. Menahan Diri dari yang Membatalkan Puasa

Anda juga perlu menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan suami-istri, dan hal-hal lainnya. Anda juga dianjurkan untuk menahan diri dari yang membatalkan pahala puasa, seperti berbohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan. Ini dilakukan sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

4. Berbuka dengan Membaca Doa

Terakhir adalah berbuka dengan membaca doa buka puasa Senin Kamis. Buka puasa bisa dilakukan ketika matahari terbenam, tepatnya saat masuk waktu sholat Maghrib. Menyegerakan berbuka juga menjadi salah satu sunnah puasa.

Hukum dan Anjuran Puasa Senin Kamis

Syaikh Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu menggolongkan puasa Senin Kamis ke dalam puasa sunnah yang disepakati para ulama. Jadi, Anda bakal mendapatkan pahala jika melaksanakannya dan tidak berdosa ketika tidak dilaksanakan.

Khusus puasa Senin Kamis, ibadah ini dianjurkan untuk umat Islam di seluruh dunia sesuai yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ada beberapa hadits yang menunjukkan keutamaan menjalankan puasa Senin Kamis. Berikut beberapa di antaranya:

Dalil puasa Senin Kamis ada dalam hadits yang diriwayatkan oleh Siti 'Aisyah r.a, artinya: "Adalah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa sallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis." (HR. Al-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani).

Selanjutnya, dari Abu Qatadah r.a, Rasulullah SAW ditanya terkait puasa Senin. Lalu Rasul pun menjawab: "Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu." (HR. Muslim).

Hadits lain juga menjelaskan: "Dari Abi Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda: "Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa." (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Fakta Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2, Program Rusunami Era SBY yang Mangkrak 15 Tahun

Manfaat Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis punya banyak manfaat, mulai dari menaikkan derajat manusia hingga menyehatkan tubuh. Menjalankan puasa Senin Kamis juga berarti meneladani perilaku Rasulullah SAW. Berikut manfaat puasa Senin Kamis:

1. Menjadi Perisai Jiwa

Menjalankan puasa, baik puasa wajib maupun sunnah dapat memberi pengaruh besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Ini bisa membantu Anda melatih kesabaran, menguasai diri, meredam hawa nafsu, serta meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dengan berpuasa, Anda bisa melatih kekuatan jiwa baik secara rohani maupun jasmani. Puasa sebagai perisai jiwa juga bertujuan agar Anda terhindar dari hal-hal yang bisa mengantarkan diri dari perbuatan buruk.

2. Terhindar dari Godaan Setan dan Hawa Nafsu

Dengan berpuasa, Anda berarti sedang berada dalam kondisi beribadah. Jadi, puasa Senin Kamis mampu membuat jalan setan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh Anda akan terhambat.

Saat berpuasa, Anda akan menahan segala hal yang bisa membatalkan puasa. Dengan kata lain, Anda bakal lebih sabar dan lebih mampu mengontrol diri agar tidak terjerumus pada kemaksiatan.

3. Meningkatkan Kesehatan

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan. Bahkan, puasa selama satu bulan secara signifikan menurunkan tingkat penanda peradangan.

Selain itu, manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan lainnya, antara lain meningkatkan kontrol gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, hingga mampu meningkatkan fungsi otak.

4. Hari Pengampunan dan Dibukanya Pintu Surga

Keutamaan lain dari puasa Senin Kamis yakni diberikan pengampunan dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits dijelaskan: "Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka Allah Azza wa Jalla pada hari itu mengampuni setiap orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang bermusuhan dengan saudaranya.

Maka dikatakan, "Biarkan keduanya hingga berdamai, biarkan keduanya hingga berdamai." (HR Muslim).

Selain itu, puasa Senin Kamis juga berbarengan dengan dibukanya pintu surga. Ini membuat Anda yang menjalankannya berkesempatan mendapat pahala yang berlimpah seperti penjelasan dalam sebuah hadits yang artinya:

"Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan." (HR Muslim, No. 4652).

5. Untuk Jodoh

Ada manfaat puasa Senin Kamis yang jarang diketahui, yaitu untuk mendatangkan jodoh. Karena jodoh termasuk dalam rezeki Allah SWT yang tidak diketahui kedatangannya, rutin melaksanakan puasa Senin Kamis diklaim akan dilancarkan jodohnya.

Meski belum ada hadits yang mendukung pernyataan tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa dengan mengerjakan puasa Senin Kamis maka urusan jodoh akan diperlancar oleh Allah.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...