Tips Berkendara Dengan Aman, Selamat di Jalan Raya, Nomor 4 Sering Dilupakan

Selasa, 02 Agustus 2022 | 09:46 WIB
Ilustrasi/twitter Ilustrasi/twitter

RIAU24.COM - Motor merupakan transportasi yang banyak digunakan di Indonesia, baik tua-muda semua menggunakan alat transportasi ini. Selain untuk kebutuhan sehari-hari motor biasanya digunakan dalam perjalanan jarak jauh hal ini sering dijumpai saat libur hari raya. 

Ketika banyak perantau di ibu kota mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan roda dua. Ada baiknya para pengendara selalu mengutamakan safety driving ketika berkendara, baik itu menggunakan perlengkapan berkendara yang tepat, mematuhi peraturan lalu lintas hingga memiliki surat izin mengemudi.

Baca Juga: Apa Itu Vaskulitis? Penyakit yang Pernah Didiagnosis Ashton Kutcher yang Membuatnya Lumpuh Total

Namun, patut disayangkan masih saja banyak yang lalai terhadap berbagai hal tersebut sehingga tidak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas maka dari itu agar Anda terhindar dari kecelakaan lalu lintas, dikutip dari Tribratanews.kepri.polri.go.id, Selasa (2/8/2022).

Sebagai pengendara motor di jalan raya harus memiliki sikap disiplin, memang semua pengendara menginginkan perjalanan yang nyaman cepat dan mudah, namun perlu juga disadari bahwa Jalan tidak milik pribadi dan banyak pengendara lain juga memiliki jalan sebagai jalur tujuannya. 

Namun apakah Anda tahu bahwa efek naik motor jarak jauh ternyata kurang baik untuk kesehatan?

Sayangnya, kecelakaan lalu lintas sering terjadi sebagai akibat dari kecerobohan atau kelalaian pengemudi sendiri yang menyebabkan cedera pada diri sendiri atau bahkan orang lain.

Untuk menghindari risiko kecelakaan di jalan ada beberapa tips yang bis akamu lakukan agar sampai selamat sampai tujuan.

Berikut ini beberapa tips aman berkendara motor yang dikutip dari berbagai sumber: 

1. Cek Kondisi Kendaraan

Untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik, pastikan semua bagian motor berfungsi, akan lebih baik jika Anda membawa suku cadang yang diperlukan selama di perjalanan.

2.    Jaga Jarak dengan Pengendara Lain

Dalam berkendara anda juga harus memperhatikan jarak dengan pengendara lain,langkah untuk menjaga jarak bisa dilakukan jika kecepatan berkendara diatur dengan baik.

3.    Fokus dalam Berkendara

Saat melakukan perjalanan jarak jauh membutuhkan waktu yang lama dan menguras energy untuk itu harus menjaga stamina agar tetap focus, jika merasa lelah saat berkendara, beristirahatlah terlebih dahulu di rest area.

4.    Gunakan Helm

Bagi Anda pengendara motor menggunakan helm adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan, baik pengendara maupun penumpang, namun tidak jarang masih banyak pengendara sepeda motor yang menyepelekannya.

Demi meningkatkan keselamatan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda selalu menggunakan helm saat berkendara sepeda motor sedekat apapun jaraknya.

(***)(rsm)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...