Inilah 4 Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia, Mampu Meletus Hingga Puluhan Kali Dalam 1 Hari

Rabu, 03 Agustus 2022 | 15:34 WIB
Foto: Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia Foto: Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia

RIAU24.COM - Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya.

Tak hanya bisa menemukan keindahan pantai dan gunung di seluruh penjuru tanah air, Anda dapat dengan mudah menemukan keindahan deretan gunung yang ada di Indonesia.

Tapi hati-hati, di setiap keindahan alam tersimpan bahaya di baliknya.

Seperti gunung berapi di Indonesia yang masih aktif. Tidak jarang gunung api mengalami erupsi atau menyemburkan awan panas. Terbaru, ada Gunung Raung yang stausnya waspada.

Simak daftar gulung berapi paling aktif di Indonesia berikut, seperti dilansir Riau24.com dari Boombastis, Rabu, 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Ini 5 Makanan yang Bantu Memperlambat Penuaan Sebelum Usia 50 Tahun

Gunung Raung

Jawa Timur mempunyai gunung berapi aktif, salah satunya Raung. Lokasi gunung ini ada di daerah Besuki atau disebut juga tapal kuda, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Menurut berbagai catatan, Gunung Raung pertama kali meletus pada 1586. Setelah itu, Gunung Raung meletus sampai lebih dari 30 kali.

Gunung dengan tinggi sekitar 3.344 mdpl ini, baru saja meletus sehingga jalur pendakian ditutup. Hujan abu vulkanik pun tidak dapat dihindari sampai mengenai sejumlah kawasan, seperti Kecamatan Sumberjambe dan Ledokomo, Jember. Gunung Raung memang menjadi salah satu tujuan pendaki. Terdapat kira-kira empat jalur pendakian di Gunung Raung, yaitu Kalibaru, Sumberweringin, Glenmore, dan Jambewangi.

Gunung Merapi

Siapa yang tidak mengetahui Gunung Merapi? Letusan paling parah Gunung Merapi terjadi pada 201,0 yang mengakibatkan ratusan orang meninggal termasuk Mbah Marijan, juru kunci Gunung Merapi. Bahkan, sampai ada bangunan yang menjadi saksi bisu hebatnya letusan tersebut bernama Museum Sisa Hartaku. Tempat tersebut tidak lain adalah rumah salah satu penduduk di lereng Gunung Merapi.

Gunung berapi aktif yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tersebut mempunyai ketinggian mencapai 2.930 mdpl. Gunung Merapi menjadi salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia yang tercatat meletus setiap dua sampai lima tahun sekali. Bahkan, sejak 1548, Gunung Merapi sudah meletus sebanyak lebih dari 60 kali.

Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau di Lampung menjadi gunung berapi paling aktif, bahkan setiap beberapa bulan terdapat letusan kecil. Gunung ini berada di pulau kecil yang muncul akibat aktivitas vulkanis letusan Gunung Krakatau. Pada 18 Juli 2022, Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi dengan amplitudo maksimal 55 mm selama kira-kira 73 detik. Letusan tersebut menimbulkan kolom abu setinggi 2.657 mdpl. Kini, Gunung Anak Krakatau berstatus siaga.

Baca Juga: Apa Itu Vaskulitis? Penyakit yang Pernah Didiagnosis Ashton Kutcher yang Membuatnya Lumpuh Total

Gunung Semeru

Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur, mempunyai puncak Mahameru setinggi 3.676 mdpl. Bahkan, menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Rinjani. Lokasi Gunung Semeru di dua wilayah, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Menjadi gunung yang digemari pendaki, Semeru menyimpan keaktifan. Sejak pertama kali meletus pada 1818, Gunung Semeru telah erupsi sebanyak lebih dari 40 kali. Gunung Semeru terkahir erupsi dengan amplitudo maksimal 26 mm pada Januari 2022.

Selain empat gunung di atas, ada banyak gunung berapi aktif di Indonesia, seperti Bromo, Sinabung, Kelud, dan Soputan. Apabila status gunung berapi aktif tersebut ditetapkan siaga bahkan waspada, sebaiknya ikuti aturan untuk tidak mendekat.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...