Inilah 10 Fakta Menarik Tentang Angka 9, dari Usia Mengandung Sampai Planet Pluto

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:41 WIB
Berikut 10 fakta menarik dari angka sembilan /net Berikut 10 fakta menarik dari angka sembilan /net

RIAU24.COM - Selama berabad-abad, orang telah menghubungkan banyak fakta dengan angka.

Numerologi, takhayul, tanggal-tanggal penting, dan banyak hal lain melekat pada berbagai angka, yang dalam beberapa kasus memberi mereka makna yang besar.

Berikut ini, fakta menarik dari angka sembilan yang telah dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

1. Bentuk Dimensi

Bentuk dua dimensi dengan delapan sisi disebut enneagon atau nonagon, sedangkan bentuk tiga dimensi dengan delapan wajah disebut enneahedron atau nonahedron.

Sementara awalan ennea, kadang-kadang digunakan dalam istilah ilmiah untuk menunjukkan angka sembilan, namun itu tidak umum digunakan. Maka dari itu, angka sembilan disebut dengan ennead.

Baca Juga: 5 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, 300 Ribu Orang Tewas Karena Topan Besar Kalkuta Hantam India

2. Planet Pluto

Dulu ada sembilan planet di tata surya, tetapi jumlah ini berkurang menjadi delapan pada tahun 2006. Pluto yang pada masanya pernah masuk ke dalam tata surya dikeluarkan karena planet itu terlalu kecil untuk disebut sebagai sebuah planet.

3. Unsur Kimia

Unsur kimia dengan nomor atom sembilan adalah fluor. Fluor termasuk dalam kelompok ke-17, halogen, pada tabel periodik unsur. Dalam keadaan alami, itu adalah gas yang sangat beracun dan sangat reaktif terhadap hampir semua elemen lainnya. Fluor ditemukan secara alami di dalam mineral fluorit, yang setelah disuling digunakan untuk memperkaya uranium.

4. Usia Mengandung pada Manusia

Kehamilan pada manusia biasanya berlangsung selama sembilan bulan, terbagi menjadi tiga trimester tiga bulan. Ini, tentu saja, pedoman yang sangat kasar, karena bayi dapat lahir dari 37 minggu hingga lebih dari 42 minggu. Umumnya, semakin dekat dengan tanda 37 minggu bahwa bayi lahir, masalah kesehatan yang lebih serius mungkin terjadi, sementara mereka yang lahir antara minggu 39 dan 41 adalah yang paling sehat.

5. Bahasa

Kata-kata dalam bahasa Prancis, Jerman, dan Spanyol untuk angka sembilan semuanya dihubungkan dengan kata yang terjemahannya berarti ‘baru’. Dalam bahasa Prancis, neuf digunakan untuk sembilan dan baru. Demikian juga, Neun berarti sembilan dalam bahasa Jerman, sedangkan neu berarti baru; dalam bahasa Spanyol, nueve berarti sembilan sedangkan nuevo berarti baru.

6. Romawi Kuno

Sekitar 750 SM di Roma Kuno, November adalah bulan kesembilan dalam setahun, sedangkan September adalah bulan ketujuh. Hal ini tampaknya sangat logis karena november dan september masing-masing menunjukkan sembilan dan tujuh. Seluruh sistem hancur sekitar 700 SM ketika Julius Caesar datang dan menambahkan bulan Juni dan Juli, mendorong mundur dua bulan sebelumnya.

7. Mitologi

Angka sembilan dapat ditemukan di mana-mana dalam mitologi dari seluruh dunia. Dalam mitologi Nordik, ada sembilan dunia di alam semesta, yang semuanya berakar dari Yggdrasil, pohon dunia. Dalam mitologi Yunani, ada sembilan Muses, dewi yang memberkati pelindung mereka dengan berbagai bentuk inspirasi. Baik dunia bawah tanah Aztec dan Maya, Mictlan dan Xibalba, masing-masing memiliki sembilan tingkat yang berbeda.

8. Palindrom

Palindrom satu kata terpanjang dalam bahasa Inggris adalah ‘redivider’, yang memiliki sembilan huruf. Palindrom adalah sesuatu seperti kata, angka, atau frasa yang dibaca mundur akan sama seperti dibaca dari depan.

Baca Juga: Auto Bikin Ngakak! Ini Momen Ji Chang Wook Ketakutan Karena Alasan Sepele di 'Youth MT'

9. Puisi

Puisi paling epik yang keluar dari Italia pastilah The Divine Comedy karya Dante. Di Inferno, bagian pertama dari narasi epik, Dante menggambarkan sembilan lingkaran (atau tingkat) neraka yang berbeda. Lingkaran pertama adalah limbo, yang seperti neraka lite. Lingkaran kedua adalah nafsu dan diperuntukkan bagi mereka yang menyukai namanya. Saat setiap lingkaran neraka bertambah jumlahnya, tingkat hukuman yang diterima oleh penghuni lingkaran meningkat. Lingkaran kesembilan, pengkhianatan, tidak terlalu membutuhkan banyak penjelasan.

10. Dunia Fiksi

Di dunia fiksi yang J.R.R. Tolkien yang diciptakan di The Lord of the Rings, ada sejumlah artefak magis yang disebut Rings Of Power. Mereka ditempa oleh penguasa kegelapan Sauron dengan tujuan memberikannya kepada para elf, menipu mereka untuk menjadi budak. Para elf melihat melalui rencananya, dan sembilan Cincin Kekuatan diberikan kepada tuan manusia sebagai gantinya. Para penguasa yang menerima cincin itu akhirnya dirusak oleh kekuatan yang ditanamkan Sauron di dalam diri mereka, mengubahnya menjadi Nazgûl yang menakutkan.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...