Fakta Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2, Program Rusunami Era SBY yang Mangkrak 15 Tahun

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:38 WIB
Fakta Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2, Program Rusunami Era SBY yang Mangkrak 15 Tahun Fakta Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2, Program Rusunami Era SBY yang Mangkrak 15 Tahun

RIAU24.COM - Sukses dengan Pengabdi Setan yang tayang pada 2017, Joko Anwar kembali membuat sekuelnya bertajuk Pengabdi Setan 2: Communion.

Pengabdi Setan 2 fokus menceritakan tentang penghuni rusun tempat keluarga Rini (diperankan Tara Basro). Film yang tayang perdana pada Kamis, 4 Agustus 2022 ini meraup 3 juta penonton dalam kurun waktu 6 hari.

Selain jalan cerita, rusun yang menjadi lokasi syuting Pengabdi Setan 2 juga menarik perhatian penonton.

Rupanya, rusun tersebut memang sudah lama terbengkalai. Kenapa rusun tersebut sampai terbengkalai dan bagaimana Joko Anwar memutuskan menggunakan rusun tersebut sebagai lokasi syuting? Simak kisah selengkapnya di bawah ini, seperti dilansir Riau24.com dari Boombastis.com.

Rusun mangkrak selama 15 tahun

Dari jauh, rusun tempat syuting Pengabdi Setan 2 pun terlihat menyeramkan.

Bagaimana tidak?

Rupanya rusun tersebut memang tidak berpenghuni selama sekitar 15 tahun sejak dibangun. Belum lagi rusun belum terbangun secara sempurna, seperti tidak ada tembok, pintu, maupun jendela. Benar-benar terlihat terbengkalai. Keangkeran suasana rusun semakin nyata karena terdapat pohon besar yang juga muncul pada adegan Pengabdi Setan 2.

Baca Juga: 5 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, 300 Ribu Orang Tewas Karena Topan Besar Kalkuta Hantam India

Rusun terbengkalai lokasi syuting Pengabdi Setan 2. [Sumber Gambar]

Lokasi rusun Pengabdi Setan 2 di belakang Pasar Sumber Arta, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat.

Walau terletak di belakang pasar yang seharusnya ramai, tetapi lokasi rusun terlihat di tengah lahan kosong yang ditumbuhi rumput liar. Tidak diketahui berapa jumlah kamar di rusun tersebut, tetapi jumlah lantainya ada 15. Salah satu fakta menarik, yaitu lantai 7 tidak boleh dimasuki untuk syuting Pengabdi Setan 2. Menurut penjaga, lantai 7 paling kotor dan berantakan karena tidak pernah terjamah manusia.

Baca Juga: Auto Bikin Ngakak! Ini Momen Ji Chang Wook Ketakutan Karena Alasan Sepele di 'Youth MT'

Program Rusunami 1.000 Tower pada era SBY

Rupanya, rusun lokasi syuting Pengabdi Setan 2 merupakan program Rusunami 1.000 Tower pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Program tersebut dinaungi oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) atau saat ini disebut Kementerian PUPR. Awalnya, rusun tersebut akan diberi nama Rusun Kalimalang Residence. Dibangun pada 2007, rusun tersebut diperkirakan mangkrak pada 2009 dalam keadaan belum selesai dibangun dan sama sekali belum pernah dihuni.

Lorong di dalam rusun lokasi syuting Pengabdi Setan 2. [Sumber Gambar]

Rusun yang masuk dalam program Rusunami 1.000 Tower bukan hanya ada di Bekasi Barat, melainkan totalnya di 10 kota. Program tersebut menghabiskan dana sekitar Rp50 triliun dari pemerintah dan pihak swasta. Kala itu, rusun yang sudah jadi akan ditinggali oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

Dikunjungi penonton sampai akhirnya ditutup

Popularitas Pengabdi Setan 2 tidak diragukan lagi, terlihat dari rusun lokasi syutingnya yang dikunjungi penonton.

Mereka penasaran dengan rupa bangunan terbengkalai yang nampak mencekam tersebut. Di area bawah rusun, rupanya terdapat lapak pedagang kopi dan makanan ringan. Pedagang tersebut sudah melapak di lokasi tersebut jauh sebelum syuting Pengabdi Setan 2.

Berkat pengunjung yang penasaran dengan rusun, pedagang ikut ketiban rezeki.

Bagian ruangan dalam rusun. [Sumber Gambar]

Namun, pihak pengelola rusun memutuskan untuk menutup akses rusun.

Menurut koordinator sekaligus penjaga rusun, penutupan tersebut demi keselamatan dan keamanan pengunjung. Pasalnya, ada saja pengunjung yang datang saat malam hari. Di rusun tersebut tidak ada penerangan. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan tentu akan menjadi tanggung jawab pengelola rusun. Pengunjung masih bisa berfoto dari luar dan mengakses lantai bawah.

Joko Anwar sendiri mendapatkan informasi rusun lokasi syuting Pengabdi Setan 2 dari warga Twitter. Apabila kamu penasaran dengan rusun lokasi syuting Pengabdi Setan, jangan nekat untuk naik ke atas demi keselamatan.

 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...