Ternyata Air Cucian Beras Bisa Atasi Jerawat dan Cegah Penuaan Kulit Loh! Berikut Penjelasannya

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:11 WIB
Ilustrasi air cucian beras/pikiranrakyat Ilustrasi air cucian beras/pikiranrakyat

RIAU24.COM - Masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat air cucian beras bagi kesehatan dan kulit. Dibalik warnanya yang keruh, ternyata air cucian beras menyimpan banyak khasiat bagi tubuh, terutama kulit kita. 

Dilansir dari Healthshots (11/8/202), air beras ini mengandung asam amino, vitamin dan mineral yang bermanfaat sebagai pengobatan alami untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan kulit. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Punya Gaya Hidup Mewah dan Punya Ego Tinggi
 

Air cucian beras sering dimanfaatkan sebagai salah satu langkah perawatan kulit di China, Korea dan Jepang. Air cucian beras dipercaya dapat membuat kulit lebih halus dan bercahaya. Lantas bagaimana manfaat air cucian beras lainnya yang dapat Anda pahami? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat air cucian beras yang paling terkenal dapat mencerahkan kulit. Banyak produk skincare yang menggunakan air beras menjadi komposisi bahan utamanya. Kandungan gamma-oyzanol pada air cucian beras ini yang berperan penting dalam membuat kulit terutama bagian wajah terlihat lebih cerah.

2.  Mengatasi kulit kering

Dilansir dari Healthline, air beras dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS. Dengan menggunakan air beras ini dapat membantu kulit yang kering menjadi lebih lembut.

3. Mencegah Penuaan

Air cucian beras kaya akan asam amino, mineral dan antioksidan yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit. Air beras juga dapat menghambat enzim elastase yang bertanggung jawab dalam penuaan kulit.

4. Mengatasi jerawat pada kulit

Air cucian beras menjadi obat alami untuk mengatasi dan mencegah terjadinya jerawat. Meski demikian, masih diperlukannya penelitian untuk memastikan manfaat ini. 

Baca Juga: Ulah Maknae Jungkook, Intip Kekacauan 7 Members BTS Lakukan Flying Yoga 

5. Mengatasi rambut rusak

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, air cucian beras juga dapat bermanfaat untuk mengatasi rambut rusak salah satunya rambut yang bercabang. Air beras mengandung inositol atau zat kimia yang mampu memperbaiki rambut rusak dari dalam hingga ujung rambut.

6. Gangguan pencernaan

Dilansir dari Healthline, air cucian beras direkomendasikan untuk dikonsumsi apabila mengalami keracunan makanan atau gangguan pencernaan lainnya. Meskipun air beras dapat membantu mengatasi diare, namun beras biasanya mengandung arsenik. 

Jika meminum air beras yang mengandung arsenik terlalu banyak maka dapat menyebabkan sakit jantung, diabetes tipe 2, kanker hingga penyakit pembuluh darah.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat air cucian beras yang lainnya adalah dapat mengatasi permasalahan mata seperti degenerasi makula yang biasanya diderita oleh orang tua hingga menyebabkan kebutaan. Namun masih perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk menguji apakah air cucian beras dapat efektif mengatasi permasalahan tersebut.

Itulah 7 manfaat air cucian beras yang tidak banyak orang yang tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!
(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...