16 September: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, 3 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Karena Polusi Udara

Jumat, 16 September 2022 | 08:14 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 16 September /Depositphotos Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 16 September /Depositphotos

RIAU24.COM - Tanggal 16 September menandai hari ke-259 tahun 2022, dan hanya tersisa 106 hari sampai mencapai akhir tahun.

Baca Juga: Apakah Perubahan Iklim Dapat Memicu Badai? Simak Penjelasannya

Di artikel ini kita akan melihat beberapa pengetahuan mengenai fakta dan sejarah yang terjadi di pada tanggal 16 September.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1983, Arnold Schwarzenegger memperoleh kewarganegaraan AS pada usia 36 tahun? Dia telah bermimpi pindah ke Amerika dari pertaniannya di Austria sejak dia baru berusia 10 tahun.

Ditanggal yang sama pada tahun 2015, Majalah Nature umumkan lebih dari 3 juta orang meninggal setiap tahun karena polusi udara.

Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 16 September, yang dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

The New York Times menerbitkan investigasi yang menyatakan Penjara Teluk Guantanamo sebagai penjara paling mahal di dunia.

Studi menunjukkan bahwa biayanya sekitar $ 13 juta untuk setiap tahanan di Teluk Guantanamo, yang jauh lebih tinggi daripada penjara lain mana pun di dunia.

2019

Informasi pribadi seluruh penduduk Ekuador (16,6 juta) tersedia secara online di server cloud yang tidak aman di Miami.

2015

Majalah Nature mengumumkan bahwa lebih dari 3 juta orang meninggal setiap tahun karena polusi udara.

Jumlah ini lebih dari gabungan HIV/Aids dan malaria. Yang mengkhawatirkan, angka ini diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2050.

2014

Album Barbra Streisand ‘Partners’ dirilis, menampilkan duet dengan banyak artis pria yang sangat terkenal.

Line-up yang semuanya laki-laki termasuk artis seperti Stevie Wonder, Michael Bublé, Billy Joel, John Legend, Andrea Bocelli, dan Lionel Richie.

2011

Film ‘Drive,’ berdasarkan novel James Sallis, dirilis di AS. Drive ditayangkan perdana di festival film Cannes pada 20 Mei dan menerima tepuk tangan meriah. Drama aksi Amerika ini meraup $78,1–81,4 juta di seluruh dunia di box office.

1997

Steve Jobs diangkat sebagai CEO sementara Apple Computers.

1983

Arnold Schwarzenegger memperoleh kewarganegaraan AS.

1971

Majalah Rolling Stone menampilkan Hulk di sampul depan. The Incredible Hulk pertama kali ditampilkan dalam edisi 91 Majalah Rolling Stones. Meskipun kartun jarang muncul di sampulnya, Hulk ditampilkan karena kepribadian dan sikapnya.

1966

Metropolitan Opera House dibuka untuk full house di New York City. Pertunjukan pertama adalah ‘Antony and Cleopatra’ karya Samuel Barber.

1961

Pakistan mendirikan badan antariksa nasionalnya, SUPARCO. Komisi Penelitian Luar Angkasa & Atmosfer Atas adalah yang pertama dari jenisnya di dunia Muslim dan negara berkembang.

Fisikawan teoretis terkenal Pakistan, Abdus Salam, ditempatkan sebagai kepala program. Pada awal 1960-an, badan tersebut sudah meluncurkan roket impor.

1920

Pengeboman Wall Street terjadi di Manhattan, New York City. Ledakan terjadi pada pukul 12.01 WIB dan langsung menewaskan 30 orang. Delapan orang meninggal kemudian, dan 143 lainnya luka parah.

1908

General Motors Corporation didirikan.

1863

Perguruan tinggi Amerika pertama di luar Amerika Serikat didirikan di Istanbul, Turki. Robert College membuka pintunya pada hari ini dengan 31 siswa. Ini adalah sekolah Amerika tertua yang terus beroperasi di luar AS.

1630

Desa Shawmut di Massachusetts mengadopsi nama Boston.

1400

Owain Glyndŵr dinyatakan sebagai Pangeran Wales oleh para pengikutnya.

Baca Juga: Ngeri! Ilmuwan Temukan Bahan Kimia PFAS di Dalam Sampel Darah Tali Plasenta Ibu Hamil

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 16 September.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...

Terpopuler

Loading...