5 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi Pada Tanggal 17 September 

Sabtu, 17 September 2022 | 02:31 WIB
Ilustrasi Kecelakaan Pesawat Terbang (Photo: Beritaunik.net) Ilustrasi Kecelakaan Pesawat Terbang (Photo: Beritaunik.net)

RIAU24.COM - Hari ini tepatnya tanggal 17 September, memiliki catatan sejarah penting di tahun-tahun yang telah berlalu. Apa saja ya peristiwa penting yang pernah terjadi pada 17 September?

Berikut adalah beberapa persitiwa penting yang pernah terjadi pada 17 September yang dikutip dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022):

Baca Juga: Marah! Eks Vokalis Payung Teduh Is Pusakata: Lagu 'Akad' Hanya Boleh Dinyanyikan Pria

1. Kecelakaan pesawat pertama kali

Wilbur dan Orville Wright adalah dua bersaudara yang terkenal sebagai penemu pesawat dan pelopor kemajuan di dunia penerbangan. Mereka berdua menemukan pesawat terbang tahun 1903. Namun, ada kejadian memilukan yang melibatkan temuan mereka.

Mengutip Akurat.co, pada hari ini di tahun 1908 terjadi kecelakaan pesawat pertama dalam sejarah. Kala itu, Orville Wright tengah terbang sebagai pilot ditemani oleh Letnan Thomas Selfridge, anggota angkatan darat Amerika Serikat. 

Kecelakaan terjadi ketika mereka tengah melakukan uji terbang. Uji terbang dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari militer Amerika Serikat bahwa mereka mampu membuat pesawat untuk militer. 

Akibat dari kecelakaan itu adalah tewasnya Letnan Thomas sementara Orville terluka parah, tapi nyawanya masih dapat diselamatkan.

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Tertawa

2. Penandatanganan Konstitusi Amerika Serikat

17 September merupakan tanggal bersejarah bagi warga Amerika Serikat di mana hari ini di tahun 1787, Amerika Serikat menandatangani konstitusinya. 

Sebelum ditandatangani, hukum tertinggi Amerika Serikat tersebut dirancang oleh Konvensi Konstitusi Philadelphia yang berlangsung antara 25 Mei dan 17 September 1787.

Konstitusi Amerika Serikat tersebut diyakini sebagai pelopor terbentuknya konstitusi di negara lainnya. Sejak pertama kali ditandatangani hingga kini, Konstitusi Amerika Serikat telah diamandemen sebanyak 27 kali.

3. Perjanjian Camp David disepakati

Perjanjian Camp David adalah sebuah kesepakatan perdamaian antara negara-negara Arab dan Israel. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Presiden Anwar Sadat dari Mesir dan Perdana Menteri Menachem Begin dari Israel.

Perjanjian damai tersebut berisi tiga poin penting, yakni pengakuan negara Arab terhadap Israel, penarikan pasukan Israel dari wilayah pendudukan yang diperoleh, dan persetujuan negara Arab untuk tidak mengancam keamanan Israel serta tidak membagi Yerusalem.

Perjanjian tersebut dilatarbelakangi perang berkepanjangan antara negara Arab, terutama Mesir, dengan Israel sejak negara tersebut pertama kali berdiri pada 1948. 

Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Jimmy Carter menjadi mediator bagi kedua negara dalam penandatanganan kesepakatan tersebut di tahun 1978.

4. Terbunuhnya Presiden Anastasio Somoza De Bayle

Anastasio Somoza De Bayle adalah Presiden Nikaragua ke 76 yang menjabat pada tahun 1974-1979. Ia memerintah Nikaragua dengan tangan besi dan merupakan keturunan terakhir dari keluarga Somoza, keluarga yang membentuk dinasti politik di Nikaragua sejak 1936.

Akibat pemerintahan diktatornya, ia akhirnya digulingkan oleh pasukan pembebasan yang menamai diri mereka Pasukan Kemerdekaan Nasional Sandinista (FLSN). Somoza kemudian diasingkan keluar negeri. Hari ini tahun 1980, ia dibunuh di tempat pengasingannya yakni di Asuncion, ibukota Paraguay.

5. Pengeboman di New York dan New Jersey

17 September 2016 adalah hari di mana terjadinya ledakan bom di New York dan New Jersey. Bom tersebut melukai 31 orang, beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Aksi tersebut menggunakan bom panci hasil rakitan sendiri.

Pelaku, yang kemudian teridentifikasi bernama Rahimi akhirnya ditangkap kepolisian. Tidak ada tanda-tanda terlibatnya ia dengan jaringan teroris, namun ia terbukti terpengaruh ideologi radikal. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya buku catatan miliknya di mana di salah satu halaman tertulis 'Bunuh Orang Kafir' dalam bahasa Arab.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...