Hari Ini 84 Tahun yang Lalu Permainan Monopoli Pertama Kali Dipasarkan 

Sabtu, 17 September 2022 | 02:34 WIB
Penampakan Permainan Monopoli Pertama di Dunia (Photo: Akurat.com) Penampakan Permainan Monopoli Pertama di Dunia (Photo: Akurat.com)

RIAU24.COM - Bagi sebagian orang, monopoli bukanlah suatu permainan yang asing. Permainan yang memungkinkan kita untuk membeli banyak properti di banyak negara itu mulai dipasarkan hari ini, tepat 84 tahun yang lalu. Ide permainan ini ditemukan oleh seorang kontraktor bernama Charles Darrow.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, telah muncul permainan-permainan serupa antara lain The Landlord's Game karya Elizabeth Magie yang dirilis tahun 1904. 

Baca Juga: Marah! Eks Vokalis Payung Teduh Is Pusakata: Lagu 'Akad' Hanya Boleh Dinyanyikan Pria

Kemudian permainan itu diproduksi secara massal oleh The Economic Game Company pada 1910, namun tidak dipatenkan. Namun saat itu permainan-permainan tersebut dinilai terlalu rumit dan membosankan.

Charles Darrow pun mempelajari dan memodifikasi permainan tersebut, ia juga mematenkan dan memproduksi permainan tersebut sebelum akhirnya memutuskan menjualnya ke Parker Brothers. Di tangan Parker Brothers, permainan monopoli diproduksi secara massal.

Konon, hasil penjualan itu membuat Darrow begitu kaya hingga ia meninggalkan hobinya bertanam anggrek.

Menurut data produsen mainan Hasbro, lebih dari 275 juta permainan monopoli, termasuk lebih dari 6 miliar rumah hijau dan 2,25 miliar hotel merah, telah terjual sejak 1935. Seiring perkembangan zaman, monopoli pun turut menyesuaikan agar tetap relevan.

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Tertawa
 

Pada 1978, untuk merayakan legalisasi perjudian di Atlantic City, Parker Brothers merilis versi baru yang disebut 'Advance to Boardwalk' yang memungkinkan pemain membangun kasino. Namun, sayangnya permainan dengan fitur baru itu tidak begitu populer.

Pada tahun 2006, Hasbro merilis monopoli edisi 'Di Sini dan Sekarang', yang dimaksudkan untuk membawa permainan ke abad ke-21 dengan menyertakan beberapa perusahaan masa kini dalam permainan tersebut seperti McDonald's, Starbucks, New Balance, dan Toyota.

Musim semi ini, Hasbro membuat polling mengenai aturan permainan monopoli sebagai bagian dari riset untuk meningkatkan penjualan. Riset itu digelar setelah ditemukan bahwa 68 persen pemain monopoli di Amerika Serikat membuat aturan mereka sendiri dalam bermain.

(***)
 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...