Mitos atau Fakta Puasa Dapat Menurunkan Performa Logika dan Stamina 

Minggu, 18 September 2022 | 04:42 WIB
Ilustrasi (KompasTv) Ilustrasi (KompasTv)

RIAU24.COM - Banyak yang khawatir bila puasa bisa menurunkan stamina dan performa logika, kerena kurangnya asupan makanan dan minuman. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga stamina dan produktivitas selama berpuasa. 

Baca Juga: Kamu Suka Mendapatkan Pusat Perhatian? Cek Zodiak Berikut Ini
 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga performa logika dan stamina tetap prima selama berpuasa: 

1. Jaga asupan nutrisi 

Anda dapat mengsonsumsi nasi dan daging tanpa lemak. Jangan lupa menambahkan pula sayur dan buah-buahan, karena mengandung serat tinggi yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. 

Ketika sahur dan berbuka puasa pilihlah makanan berupa menu makana lengkap dengan posrsi yang cukup, mengandung kabrohidrat kompleks, serta, protein, dan lemak baik. 

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Selain menjaga asuoan nutrisi, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh guna mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini dikarenakan selama puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dalam waktu yang cukup lama. 

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan tetap berenergi saat puasa, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas saat sahur. 

3. Lakukan olahraga secara rutin

Meski sedang berpuasa, Anda disarankan tetap berolahraga. Hal ini bertujuan untuk menjaga stamina sepanjang hari. Anda juga bisa memilih jenis olahraga ringan saat puasa, seperti yoga, bersepeda, atau berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya. 

Namun, sebaliknya hindari melakukan olahraga pada siang hari. Hal ini dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Jadi, lakukan olahraga di pagi hari atau setelah berbuka puasa. 

4. Penuhi waktu tidur 

Seperti mengutip Alodokter, salah satu penyebab menurunnya performa logika dan stamina saat puasa bisa terjadi karena kurangnya waktu tidur. 

Ketika bulan puasa, Anda bisa aja kekurangan waktu tidur karena perlu bangun lebih awal untuk makan sahur. 

Meski begitu, mulai lah dengan tidur lebih awal hingga waktu tidur dapat tercukupi. Anda juga dapat melakukan tidur siang selama 20 menit guna mendapatkan energi dan meningkatkan fokus kembali. 

(***)
 

PenulisR24/zura


Loading...

Terpopuler

Loading...