5 Perjalanan Kereta Terpanjang Di India

Selasa, 20 September 2022 | 06:12 WIB
Vivek Express dari Dibrugarh (Assam) ke Kanyakumari (Tamil Nadu) merupakan rute terpanjang jaringan Kereta Api India baik dari segi jarak maupun waktu. Vivek Express dari Dibrugarh (Assam) ke Kanyakumari (Tamil Nadu) merupakan rute terpanjang jaringan Kereta Api India baik dari segi jarak maupun waktu.

RIAU24.COM - Ada sesuatu yang ajaib tentang perjalanan kereta api. 

Ini melintasi berbagai lanskap, mulai dari dataran hingga hutan hijau subur, lahan kering hingga hujan yang lembab dan pegunungan yang perkasa. 

Perjalanan kereta api dan kendaraannya sendiri telah menginspirasi banyak seniman untuk menciptakan karya berupa gambar, video, puisi, sastra, dan sebagainya.

Baca Juga: Marah! Eks Vokalis Payung Teduh Is Pusakata: Lagu 'Akad' Hanya Boleh Dinyanyikan Pria


Terinspirasi oleh elemen yang sama, kami berbagi dengan Anda 5 Perjalanan Kereta Terpanjang di India

1. Dehradun Kochuveli Superfast Express – Dehradun dan Kochuveli

Kochuveli Dehradun Superfast Express adalah kereta super cepat ekspres mingguan yang beroperasi antara Dehradun (Uttarakhand) dan Kochuveli (Kerala) melalui Kottayam (Kerala).


Ini berjalan melalui 9 negara bagian Kerala, Karnataka, Goa, Maharashtra, Gujarat, Rajasthan, Delhi, Uttar Pradesh dan Uttarakhand yang mencakup jarak total 3437 kilometer dalam 57 jam 20 menit.


2. Raptisagar Express – Trivandrum Central dan Gorakhpur

Raptisagar Express adalah kereta supercepat yang beroperasi tiga mingguan antara Trivandrum Central (Kerala) dan Gorakhpur (Uttar Pradesh). Kereta ini melewati Kollam, Alappuzha, Ernakulam, Thrissur, Palakkad, Coimbatore, Erode, Salem, Chennai Central, Vijayawada, Warangal, Ramagundam, Nagpur, Bhopal, Jhansi, Kanpur, Lucknow, Gonda dan Basti.

Ini mencakup jarak 3.248 kilometer dalam 57 jam 05 menit.

3. Thiruvananthapuram – Guwahati Superfast Express

Thiruvananthapuram – Guwahati Superfast Express adalah kereta ekspres supercepat mingguan yang beroperasi antara Thiruvananthapuram Central dan Guwahati.

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Tertawa


Meliputi 8 negara bagian Assam, Benggala Barat, Bihar, Jharkhand, Odisha, Andhra Pradesh, Tamil Nadu dan Kerala, menempuh jarak 3.553 kilometer dalam 65 jam.

4. Kashmir Himsagar Express – Kanyakumari dan Shri Mata Vaishno Devi Katra

Kashmir Himsagar Express adalah kereta ekspres mingguan yang beroperasi antara Kanyakumari (Tamil Nadu) dan Shri Mata Vaishno Devi Katra (Jammu dan Kashmir). Saat ini kereta terpanjang kedua dalam hal jarak dan waktu.

Kereta menempuh jarak 3.787 kilometer dalam 72 jam melewati 12 negara bagian.

5. Vivek Express – Dibrugarh ke Kanyakumari

Vivek Express dari Dibrugarh (Assam) ke Kanyakumari (Tamil Nadu) merupakan rute terpanjang jaringan Kereta Api India baik dari segi jarak maupun waktu. Kereta mingguan ini saat ini merupakan rute kereta api terpanjang di Anak Benua India. Ini mencakup total jarak 4.286 kilometer dengan waktu berjalan 80 jam dan 15 menit.

Kereta ini dinamai Swami Vivekananda dan diperkenalkan pada kesempatan ulang tahun kelahirannya yang ke 150.

PS: Indian Railways adalah salah satu jaringan kereta api terbesar di dunia. Menurut berbagai penelitian, ini adalah jaringan kereta api terbesar di Asia dan terbesar keempat di dunia, mencakup jarak mengejutkan lebih dari 115.000 kilometer (diperbarui hingga akhir 2019).

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...