20 September: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, Pecahnya Protes Black Lives Matter di Carolina Utara

Selasa, 20 September 2022 | 08:02 WIB
Beberapa fakta dan peristiwa yang terjadi pada tanggal 20 September /net Beberapa fakta dan peristiwa yang terjadi pada tanggal 20 September /net

RIAU24.COM - Tanggal 20 September adalah hari ke-263 dalam setahun dan hanya ada 102 hari tersisa sampai kita mencapai tahun baru.

Baca Juga: 5 Fakta Devina Kirana Dituduh Selingkuhan Rizky Billar Pemicu Lesti Alami KDRT dan Mantannya Billy Saputra

Jika Anda lahir pada hari ini atau hanya ingin tahu lebih banyak tentang apa yang terjadi pada hari ini, maka Anda akan menikmati pilihan utama kami dari peristiwa masa lalu yang semuanya terjadi pada 20 September.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 2013, GTAV memecahkan rekor penjualan setelah mencapai $1 miliar dalam waktu tiga hari di pasaran? Ini adalah game atau blockbuster tercepat yang pernah mencapai ini.

Pada tanggal yang sama di tahun 2016, Protes Black Lives Matter terjadi di Carolina Utara.

Berikut beberapa fakta dan peristiwa sejarah tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 September, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Reli perubahan iklim yang dipimpin oleh aktivis Greta Thunberg melihat jutaan pengunjuk rasa di seluruh dunia berdiri untuk tindakan mendesak.

2016

Seorang pria Afrika-Amerika, Keith Lamont Scott, ditembak mati oleh polisi di Old Concord Road, Charlotte, Carolina Utara.

Protes Black Lives Matter pecah, tetapi petugas penembakan, Brentley Vinson, tidak didakwa karena jaksa mengatakan penembakan itu dibenarkan.

2013

Grand Theft Auto V memecahkan rekor setelah mencapai $ 1 miliar dalam penjualan. GTA-V mencapai tonggak sejarah ini hanya tiga hari setelah game dirilis.

2011

Kebijakan militer AS ‘jangan tanya, jangan beri tahu’ berakhir.

Ini berarti bahwa militer mengizinkan laki-laki gay, lesbian, dan biseksual untuk terbuka tentang seksualitas mereka tanpa menghadapi diskriminasi. Sebelum ini, kebijakan ‘jangan tanya, jangan beri tahu’ mengizinkan orang dengan seksualitas apa pun, selama mereka tidak membicarakannya.

2000

Pro Skater 2 dari Neversoft Tony Hawk dirilis untuk PlayStation. Tony Hawk's Pro Skater 2 memiliki status legendaris di kalangan skater dan gamer dan merupakan video game dengan rating tertinggi kedua sepanjang masa di Metacritic.

1992

Misi pesawat ulang-alik ke-50 NASA, STS-47, mendarat dengan selamat di Kennedy Space Center di Florida.

Ini adalah kedua kalinya pesawat ulang-alik Endeavour berhasil kembali ke luar angkasa, kali ini membawa astronot Jepang pertama, Mamoru Mohri, ke luar angkasa.

Itu bukan satu-satunya misi pertama, dengan Mae C Jemison menjadi orang Afrika-Amerika pertama di luar angkasa dan Mark C.Lee dan N. Jan Davis menjadi pasangan menikah pertama yang terbang dengan pesawat ulang-alik yang sama.

Mark dan Jan merahasiakan pernikahan mereka sampai menit terakhir, karena NASA memiliki kebijakan tidak resmi yang melarang pasangan menikah untuk terbang bersama. Sudah terlambat untuk mengubah apa pun pada saat NASA mengetahuinya.

1990

Ossetia Selatan mendeklarasikan kemerdekaannya dari Georgia.

1980

Toko Whole Foods pertama dibuka di Austin, Texas, AS.

Toko itu seluas 10.500 kaki persegi, dan mereka memiliki 19 staf. Sayangnya, pada tanggal 25 Mei 1981, banjir besar menyebabkan toko yang tidak diasuransikan itu mengalami kerusakan senilai $400.000, tetapi masyarakat membantu memperbaikinya, dan pemberi pinjaman memberi mereka waktu untuk membangun kembali.

1980

Artis heavy metal Ozzy Osbourne merilis album solo pertamanya, ‘Blizzard of Ozz.’

1893

Sebuah mobil bertenaga bensin diuji di Springfield, Massachusetts, untuk pertama kalinya di AS.

1854

Inggris dan Prancis mengalahkan Rusia selama Pertempuran Alma, yang merupakan pertempuran pertama Perang Krimea.

1664

Maryland mengesahkan undang-undang anti-amalgamasi pertamanya.

Undang-undang disahkan untuk mencegah wanita kulit putih Inggris untuk dapat menikahi pria kulit hitam karena pada saat itu, pernikahan antar ras adalah hal biasa. Banyak negara bagian di AS mengikuti dan memperkenalkan undang-undang ini di tahun-tahun mendatang.

1519

Navigator Spanyol Ferdinand Magellan dan kru berangkat dengan kapal Victoria dalam petualangan mereka di seluruh dunia.

1187

Pengepungan Yerusalem dimulai dan berlangsung selama 12 hari. Pengepungan dimulai ketika Balian dari Ibelin menyerahkan kota kepada Saladin pertama. Saladin adalah Sultan Mesir dan Suriah.

Baca Juga: Kamu Suka Mendapatkan Pusat Perhatian? Cek Zodiak Berikut Ini

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 September.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...