24 September: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, Kampanye Anti Jepang Dimulai di China

Sabtu, 24 September 2022 | 00:18 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 24 September /istock Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 24 September /istock

RIAU24.COM - Tanggal 24 September merupakan hari ke-267 dalam setahun dan tersisa 98 hari lagi untuk kita mencapai akhir tahun.

Baca Juga: Timeline: Bencana di Stadion Sepakbola Paling Mengerikan Sepanjang 40 Tahun Terakhir

Anda akan menemukan beberapa peristiwa luar biasa penting yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya pada tanggal 24 September, termasuk peristiwa bersejarah dan banyak lagi.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1950, dua pesawat terakhir Operasi Karpet Ajaib mendarat di Israel? Ini adalah pengangkutan hampir 50.000 orang Yahudi melalui serangkaian pengangkutan udara dari Yaman ke Israel.

Ditanggal yang sama pada tahun 2012, China melarang semua hal tentang Jepang di negaranya dan memulai kampanye anti Jepang.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 24 September, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2017

Potongan besar plastik polystyrene ditemukan di tengah Samudra Arktik. Banyak yang bingung tentang bagaimana puing-puing itu berakhir 1.000 mil jauhnya dari Kutub Utara.

2014

Penyelidikan Misi Pengorbit Mars Organisasi Penelitian Luar Angkasa India mencapai orbit Mars setelah 298 hari.

Peristiwa ini bahkan lebih luar biasa karena bukan hanya pertama kalinya pesawat ruang angkasa negara Asia mencapai orbit Mars, tetapi juga pertama kalinya badan antariksa mencapai orbit Mars pada upaya pertamanya.

2012

China melarang semua literatur dari Jepang atau oleh penulis Jepang.

Kampanye anti-Jepang dimulai di China setelah sengketa Kepulauan Senkaku (Diaoyu) antara kedua negara, yang dicuri Jepang pada tahun 1931. Apa pun yang diproduksi di Jepang diboikot, dan toko-toko mulai tidak menjual barang-barang Jepang.

2010

Film drama biografi Amerika ‘The Social Network’ dirilis di Festival Film New York.

2007

Sitkom Amerika, ‘The Big Bang Theory’, tayang perdana di CBS.

Pertunjukan tersebut berlangsung selama 12 musim, dan karena kesuksesannya, bintang seperti Jim Parsons dan Kunal Nayyar menjadi beberapa aktor dengan bayaran paling tinggi di dunia.

1991

Band rock Amerika ‘Nirvana’ merilis album kedua mereka yang disebut Nevermind. Album ini menampilkan dua lagu band yang paling terkenal, ‘Smells Like Teen Spirit’ dan ‘Come as You Are.’

1984

Paul McCartney merilis lagunya ‘No More Lonely Nights.’

1976

Teater ‘Oh! Kalkuta!’ dibuka di Edison Theatre di New York City.

1952

KFC membuka waralaba pertamanya di Salt Lake City, Utah, AS.

1950

Hampir 50.000 orang Yahudi diangkut ke Israel, yang dikenal sebagai Operasi Karpet Ajaib.

Operasi Karpet Ajaib adalah bagian dari skema relokasi dari Yaman. Orang-orang Yahudi Yaman memiliki akses yang lebih mudah diakses ke Israel ketika sebagian besar Yaman menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman, jadi relokasi dimulai.

Baca Juga: Manfaat Biopori bagi Lingkungan

1841

Sultan Brunei menghadiahi petualang Inggris James Brooke dengan memberinya kendali atas Sarawak.

Sarawak terletak di bagian barat laut pulau Kalimantan. Brooke diberi tanah ini karena membantu mengakhiri perang saudara.

1789

Kongres Amerika Serikat mengesahkan Undang-Undang Kehakiman. Tindakan ini menciptakan kantor Jaksa Agung dan sistem peradilan federal dan memerintahkan komposisi Mahkamah Agung.

1493

Penjelajah Christopher Columbus berlayar pada pelayaran keduanya dengan armada 17 kapal yang lebih besar.

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 24 September.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...