3 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, 250 Orang Mati Karena Berselfie

Senin, 03 Oktober 2022 | 08:15 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 3 Oktober /iftodayisyourbirthday.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 3 Oktober /iftodayisyourbirthday.com

RIAU24.COM - Tanggal 3 Oktober adalah hari ke-276 dalam setahun dan tersisa 89 hari lagi hingga kita mencapai tahun baru.

Baca Juga: 26 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Tanpa Belanja Sedunia 2022

Di sini Anda akan menemukan peristiwa masa lalu yang luar biasa yang semuanya terjadi pada 3 Oktober sepanjang sejarah, termasuk fakta tentang hari ini.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1989, game simulasi perencanaan kota SimCity dirilis untuk Apple Macintosh? Kira-kira setahun kemudian, game tersebut telah memenangkan 23 penghargaan berbeda.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 3 Oktober, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2018

Journal of Family Medicine and Primary Care menyatakan bahwa lebih dari 250 orang telah meninggal sejak 2011 saat berswafoto.

2018

Sebuah eksomoon seukuran Neptunus menjadi yang pertama ditemukan di luar Tata Surya.

Para ilmuwan di Universitas Columbia yang menemukan eksomoon itu mengatakan ia mengorbit planet besar sekitar 8.000 tahun cahaya jauhnya.

2014

Pelanggaran data di JP Morgan Chase dan enam institusi lainnya menyebabkan 83 juta akun disusupi.

1992

Sebuah foto Paus Yohanes Paulus II dirobek oleh penyanyi Irlandia Sinead O'Connor di Saturday Night Live.

1989

Game simulasi perencanaan kota SimCity dirilis untuk Apple Macintosh.

1983

Penyanyi Paul McCartney dan Michael Jackson merilis lagu mereka ‘Say Say Say.’

1955

ABC menayangkan episode pertama ‘The Mickey Mouse Club.’

1949

WERD, stasiun radio milik Afrika-Amerika pertama di AS, melakukan siaran pertamanya.

Didirikan di Atlanta, Georgia, WERD dioperasikan sepenuhnya oleh orang Afrika-Amerika. Dalam dua tahun, DJ stasiun, ‘Jockey’ Jack Gibson, adalah DJ paling populer di Atlanta. WERD sering memberi Martin Luther King waktu untuk membuat pengumuman melalui radio.

1926

Violet Stewart Piercy, pelari jarak jauh dari Inggris, mencetak rekor kemenangan maraton pertama untuk wanita pada pukul 3:40:22.

1849

Penulis Edgar Allan Poe terakhir terlihat hidup. Dia mengalami disorientasi, terbaring di selokan di Baltimore, Maryland, AS.

Lain kali seseorang melihatnya adalah mayatnya pada 8 Oktober, dan penyebab kematiannya adalah misteri yang lengkap hari ini.

1789

George Washington mengeluarkan ‘Proklamasi Thanksgiving.’

Maklumat tersebut menyatakan bahwa setiap orang harus merayakan hari syukur pada 26 November tahun itu. Akibatnya, ini telah menjadi salah satu hari libur terbesar di Amerika Serikat.

1392

Muhammed VII menjadi sultan kedua belas Emirat Granada.

1283

Pangeran Wales terakhir, Dafydd ap Gruffudd, adalah orang pertama yang tercatat digantung, digambar, dan disembelih.

Dafydd dituduh melakukan pengkhianatan tingkat tinggi dan dihukum mati oleh Raja. Ini adalah kisah pertama tentang seseorang yang diadili karena pengkhianatan tingkat tinggi dan diperintahkan untuk mati dengan lambat dan menyakitkan.

Baca Juga: Daftar Pesepak Bola Tertua yang Pernah Bermain di Piala Dunia FIFA

Itulah beberapa dan fakta tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 3 Oktober.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...