17 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Pelajar Internasional dan Hari Prematur Sedunia

Kamis, 17 November 2022 | 08:12 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 17 November /iftodayisyourbirthday.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 17 November /iftodayisyourbirthday.com

RIAU24.COM - Tanggal 17 November diperingati sebagai Hari Pelajar Internasional dan Hari Prematur Sedunia.

Baca Juga: 6 Fakta Kepulauan Widi, Surga Timur Indonesia yang Viral Dilelang di Situs AS 

Hari Pelajar Internasional diperingati setiap tanggal 17 November sejak tahun 1939 dan Hari Prematur Sedunia diperingati sejak tahun 2011.

Tanggal 17 November merupakan hari ke-321 dalam setahun dan tersisa 44 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1855, penjelajah David Livingstone menjadi orang Eropa pertama yang melihat Air Terjun Victoria? Dia mengukir inisial dan tanggalnya ke pohon terdekat untuk memperingati peristiwa itu.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 17 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Seorang pria berusia 55 tahun menjadi orang pertama yang diketahui tertular Covid 19.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu berasal dari provinsi Hubei, tempat virus itu pertama kali dicatat. Meskipun kasus virus ditemukan sedini ini, pemerintah China tidak mengenalinya sebagai virus baru sampai beberapa minggu kemudian.

2014

Undang-undang yang memungkinkan perempuan untuk diangkat sebagai uskup Gereja Inggris disahkan.

2011

Hari Prematur Sedunia diperingati secara global setiap tanggal 17 November. Hari ini dirayakan pertama kali pada 17 November 2011.

Hari Prematur Sedunia menyoroti masalah kelahiran prematur dan tantangan kesehatan yang dapat mereka hadapi saat tumbuh dewasa.

Untuk diketahui, jutaan anak terlahir prematur setiap tahun. Kelahiran prematur menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan, baik dalam jangka pendek atau pun panjang, seperti keterlambatan perkembangan, masalah pendengaran, masalah penglihatan, dan lain-lain.

Adanya Hari Prematur Sedunia diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk menunjukkan cinta dan dukungan bagi anak-anak yang terlahir prematur dan juga keluarga mereka.

2009

Sekuel LittleBigPlanet dirilis untuk PlayStation Portable.

Sekuel PSP ini secara membingungkan disebut LittleBigPlanet, sehingga sering disebut sebagai LittleBigPlanet PSP. Banyak level gim ini terlihat mirip dengan sekuel PS3, tetapi ceritanya benar-benar berbeda.

2006

Sony merilis konsol PlayStation 3 di Amerika Utara.

1989

Hari ini menandai dimulainya Revolusi Beludru di Cekoslowakia.

Revolusi Beludru, juga disebut Revolusi Lembut, adalah serangkaian protes dan demonstrasi tanpa kekerasan yang dipimpin oleh mahasiswa Praha melawan pemerintah komunis. Polisi anti huru-hara membubarkan demonstrasi pertama ini, yang memicu serangkaian protes mahasiswa yang sedang berlangsung hingga 29 Desember 1989.

1986

Para kru di atas Japan Airlines Penerbangan 1628 melihat tiga UFO potensial di atas Alaska.

Pesawat Boeing 747 terbang dari Paris ke Bandara Internasional Narita di Jepang dengan muatan anggur Prancis. Saat terbang di atas Alaska, kru dilaporkan melihat dua benda terbang tak dikenal di dekat pesawat mereka dan mengawalnya.

Setelah dua UFO berangkat, benda melingkar lain yang lebih besar disaksikan membuntuti pesawat. Tidak ada pesawat lain di daerah itu yang dapat mengkonfirmasi penampakan tersebut.

1970

Lunokhod 1 Soviet menjadi penjelajah bulan robotik pertama yang mendarat di permukaan Bulan.

1939

Hari Pelajar Internasional diperingati setiap tanggal 17 November setiap tahunnya untuk mengenang peristiwa Praha saat Perang Dunia ke-2. Pada tanggal tersebut, 9 orang siswa dan pengajar dieksekusi mati di kamp konsentrasi Nazi pada tahun 1939.

1922

Kekaisaran Ottoman berakhir ketika Sultan Mehmed VI terakhir diasingkan ke Malta dengan kapal perang Inggris.

1888

Simfoni ke-5 Peter Ilyich Tchaikovsky dilakukan untuk pertama kalinya di St Petersburg, Rusia.

Simfoni ini berdurasi 50 menit dan menampilkan piccolo, tiga seruling, dua obo, dua klarinet, dua bassoon, empat tanduk, dua terompet, tiga trombone, tuba, timpani, dan senar.

1855

Penjelajah David Livingstone menjadi orang Eropa pertama yang melihat Air Terjun Victoria.

1837

Gempa bumi melanda Valdivia, Chili selatan-tengah, yang menyebabkan tsunami yang merusak Hawaii, Polinesia Prancis, dan Jepang.

1800

Senat AS mengadakan sesi pertamanya di Gedung Capitol yang belum selesai.

1798

Ratusan orang tewas setelah badai salju New England.

1603

Penulis, penjelajah, dan punggawa Sir Walter Raleigh diadili atas dugaan pengkhianatan.

Raleigh dipenjara di Menara London sampai tahun 1616 dan dinyatakan tidak bersalah atas pengkhianatan. Raja mengampuninya pada tahun 1617.

1558

Ratu Elizabeth I dinobatkan dan mendirikan kembali Gereja Protestan Inggris. Itu adalah pemukiman kembali yang menjadi kompromi antara Protestan dan Katolik.

1278

Semua orang Yahudi London (sekitar 680) dituduh dan ditangkap karena kliping koin dan pemalsuan. Dua ratus sembilan puluh tiga dari mereka kemudian digantung.

Baca Juga: Walaupun Sudah Putus, 3 Zodiak Ini Masih Mau Berteman dengan Sang Mantan

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 17 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...