19 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Pria Internasional dan Hari Toilet Sedunia

Sabtu, 19 November 2022 | 06:21 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 19 November /365horoskop.de Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 19 November /365horoskop.de

RIAU24.COM - Tanggal 19 November diperingati sebagai Hari Pria Internasional atau Men’s Day dan Hari Toilet Sedunia.

Baca Juga: 6 Fakta Kepulauan Widi, Surga Timur Indonesia yang Viral Dilelang di Situs AS 

Hari Pria Internasional diperingati setiap 19 sejak tahun 1999 dan Hari Toilet Sedunia diperingati sejak tahun 2001.

Tanggal 19 November juga merupakan hari ke- 323 dalam setahun dan tersisa 42 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1493, Christopher Columbus menemukan Puerto Riko pada pelayaran keduanya? Dia menamai pulau itu San Juan Bautista untuk menghormati Santo Yohanes pembaptis.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 19 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2010

Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1, berdasarkan novel fantasi 2007 karya JK Rowling, dirilis di seluruh dunia.

2006

Nintendo Wii dirilis di AS. Wii adalah konsol game kandang utama kelima Nintendo, setelah GameCube.

2001

Hari Toilet Sedunia diperingati setiap tanggal 19 November tiap tahunnya. Hari Toilet Sedunia merupakan kampanye untuk mengatasi krisis sanitasi global dan mencapai 6 poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pembicaraan mengenai pentingnya sanitasi oleh PBB pertama kali dilakukan dalam KTT Toilet Dunia pada 19 November 2001. Pada saat yang sama, Organisasi Toilet Dunia didirikan oleh PBB. Adanya Hari Toilet Sedunia diharapkan mampu meningkatkan kesadaran global terhadap krisis sanitasi yang ada.

1999

Hari Pria Sedunia pertama kali dilakukan oleh Thomas Oaster pada 1992 tepatnya 7 Februari untuk merayakan kontribusi yang diberikan oleh manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

Banyak upaya yang dilakukan agar Hari Pria Internasional ditanggapi dunia. Baru pada 19 November 1999, ketika Dr. Jerome Teelucksingh menginisiasi kembali Hari Pria di Trinidad dan Tobago, Hari Pria Internasional mulai mendapatkan daya tarik.

Tujuan memperingati Hari Pria Internasional adalah untuk menciptakan kesadaran tentang kesehatan mental laki-laki dan mengapa hal itu diperlukan semua aspek kehidupan termasuk sosial, emosional, fisik dan spiritual.

1999

Republik Rakyat Tiongkok meluncurkan Shenzhou 1, pesawat ruang angkasa Shenzhou pertama yang tidak dibuka.

1980

Perusahaan penyiaran televisi CBS melarang iklan Calvin Klein Jeans.

Iklan itu menampilkan Brooke Shields yang berusia 15 tahun, dan penyiar menganggapnya terlalu sugestif. Dalam iklan tersebut, Shields berkata, "Anda tahu apa yang terjadi antara saya dan Calvin saya? Tidak ada."

Hal ini dipandang tidak pantas bagi seorang anak berusia 15 tahun untuk berbicara dengan cara yang sedikit menggoda.

1969

Pelé, bintang sepak bola legendaris Brasil, mencetak golnya yang ke-1.000.

Dikenal terutama sebagai Pelé, Edson Arantes do Nascimento mulai bermain untuk tim nasional sepak bola Brasil ketika dia baru berusia 16 tahun. Selama dua puluh tahun karirnya, ia mencetak hampir rata-rata satu gol per pertandingan, dengan total 1.279 gol.

1916

Studio film Goldwyn Pictures didirikan oleh Samuel Goldwyn, Edgar Selwyn, dan Archibald Selwyn. Studio film ini paling terkenal dengan logo singa yang mengaum.

1895

Penemu Frederick E. Blaisdell mematenkan pensil di AS. Dia menyebutnya "selubung dengan sarung kertas."

1881

Sebuah meteorit seberat 8kg mendarat di barat daya Odessa, Ukraina.

Saksi mata melaporkan bola api raksasa saat memasuki atmosfer Bumi, dengan meteorit itu mendarat tepat di luar desa Grossliebenthal. Sebagian besar meteorit sekarang terletak di Akademi Sains di Moskow.

1863

Salah satu pidato terbesar dari semua sejarah Amerika, The Gettysburg Address, diberikan oleh Abraham Lincoln.

1850

Penyair Inggris Alfred Lord Tennyson menjadi Pemenang Penyair Inggris. Dia menggantikan William Wordsworth dan diikuti oleh Alfred Austin. Beberapa puisinya yang paling terkenal termasuk "Claribel" dan "Mariana."

1824

Banjir Besar St Petersburg menewaskan 10.000 orang dan mempengaruhi hampir setengah juta lebih. Sungai Neva terhalang oleh selai es yang menghentikan aliran sungai. Ketika es itu mencair, seluruh kota menjadi banjir.

1816

Universitas Warsawa, Polandia, didirikan sebagai Universitas Kerajaan mengikuti Partisi Polandia.

Alexander I mengizinkan universitas untuk dibentuk dengan lima fakultas, mengikuti partisi negara, yang berarti bahwa Universitas Kraków yang bergengsi tidak lagi dapat diakses untuk seluruh Polandia.

1493

Christopher Columbus menemukan Puerto Riko pada pelayaran keduanya.

461M

Paus Hilarius menjadi Uskup Roma. Dia melanjutkan posisinya sampai kematiannya pada 29 Februari 468.

Baca Juga: Walaupun Sudah Putus, 3 Zodiak Ini Masih Mau Berteman dengan Sang Mantan

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 19 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...