20 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Anak Sedunia

Minggu, 20 November 2022 | 09:14 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 November /321horoscope com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 November /321horoscope com

RIAU24.COM - Tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia sejak tahun 1954.

Baca Juga: 6 Fakta Kepulauan Widi, Surga Timur Indonesia yang Viral Dilelang di Situs AS 

Tanggal 20 November juga merupakan hari ke-324 dalam setahun dan tersisa 41 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1939, DC Comics merilis edisi pertama Flash Comics? Selain petualangan Flash tituler, majalah ini juga menampilkan berbagai pahlawan super lainnya.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Fosil ular yang ditemukan di Provinsi Rio Negro, Argentina, menunjukkan ular dengan kaki belakang yang hidup lebih dari 70 juta tahun yang lalu. Spesies itu bernama Najash rionegrina.

2019

Oxford Dictionaries mendeklarasikan ‘darurat iklim’ sebagai kata tahun ini untuk 2019. Promosi tersebut menyebabkan kata tersebut digunakan 100 kali lebih banyak hanya dalam 12 bulan.

2018

Larangan aborsi selama 15 minggu di Mississippi dinyatakan inkonstitusional. Hal itu dinilai bertentangan dengan hak konstitusional perempuan.

2017

Georgia Dome di Atlanta hancur berkeping-keping dalam pembongkaran yang terkendali. Area itu diganti dengan stadion Mercedes-Benz senilai $1,6 miliar.

2015

Penyanyi-penulis lagu Inggris Adele merilis album studio ketiganya, "25." Album ini memenangkan Album of the Year dari Billboard dan The Grammys.

2012

Toshiba meluncurkan robot berkaki empat yang dirancang untuk membersihkan setelah bencana nuklir.

2007

MTV dan Harmonix merilis Rock Band untuk PS3 dan Xbox 360 di Amerika Utara.

Harmonix menciptakan dua game Guitar Hero pertama dan sudah memiliki ide untuk Rock Band ketika MTV Music membelinya. Tidak dapat melanjutkan seri Guitar Hero, mereka menciptakan Rock Band.

1998

Zarya, modul Stasiun Luar Angkasa Internasional pertama, diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur.

Atau dikenal sebagai Blok Kargo Fungsional, awalnya dirancang untuk stasiun ruang angkasa MIR Rusia. Itu sangat penting selama tahap awal ISS, karena menyediakan daya listrik, panduan, propulsi, dan penyimpanan. Itu bernama Zarya, yang berarti "Fajar" dalam bahasa Rusia, untuk merayakan fajar era baru kerja sama internasional.

1954

Sejarah Hari Anak Sedunia yang diperingati tanggal 20 November setiap tahunnya berawal dari Hari Anak Universal yang pertama kali dicetuskan pada 1954. Setiap tanggal 20 November, Hari Anak diperingati untuk mengampanyekan kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia dan meningkatkan kesejahteraan anak.

Tanggal 20 November menjadi tanggal yang penting, sebab pada tanggal ini tahun 1959, Majelis Umum PBB membuat Deklarasi Hak-Hak Anak. Kemudian, pada tanggal 20 November tahun 1989, Majelis Umum PBB mendeklarasikan Konvensi Hak-Hak Anak.

Sejak 1990, Hari Anak Sedunia juga menjadi peringatan bagi Majelis Umum PBB saat mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

1947

Ratu Elizabeth II menikah dengan Philip Mountbatten di Westminster Abbey di London.

Keduanya sebenarnya terkait satu sama lain, keduanya adalah cicit Ratu Victoria. Meskipun demikian, pernikahan berjalan sesuai rencana. Mereka bertemu ketika Elizabeth baru berusia 13 tahun dan Philip berusia 18 tahun.

1939

DC Comics merilis Flash Comics Issue 1, menampilkan Flash Gordon.

1866

Penemu Prancis Pierre Lallement dianugerahi patennya untuk sepeda pedal.

Lallement pindah ke Connecticut, AS, pada Juli 1865, di mana ia terus mengembangkan desainnya untuk sepeda engkol putar. Lallement didanai oleh James Carroll dan mengajukan aplikasi paten Amerika pertama dan satu-satunya untuk pedal-sepeda pada bulan April 1866.

1805

Beethoven menayangkan perdana Fidelio di Wina, Austria, yang merupakan satu-satunya operanya.

1789

Negara bagian New Jersey di Amerika adalah negara bagian pertama yang meratifikasi Bill of Rights.

1695

Zumbi, raja Quilombo dos Palmares yang terakhir, terbunuh.

Raja Afro-Brasil Zumbi dikenal karena kekuatannya yang besar dan mungkin keabadian karena ia diyakini sebagai setengah dewa. Dia berjuang untuk kemerdekaan Palmares, dan setelah banyak pertempuran dengan pejuang India Brasil, dia terbunuh, kemudian dipenggal pada hari ini.

284M

Prajurit Romawi Diokletianus diangkat sebagai Kaisar Romawi yang baru setelah kematian Kaisar Romawi Carus.

Diokletianus dilahirkan dalam keluarga berstatus rendah; namun, ia naik pangkat militer dan menjadi komandan kavaleri pasukan Kaisar Carus. Setelah kematian Carus dan putranya Numerianus, tentara menamai Diokletianus sebagai kaisar baru.

Baca Juga: Walaupun Sudah Putus, 3 Zodiak Ini Masih Mau Berteman dengan Sang Mantan

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 20 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...