22 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Perhubungan Darat Nasional

Selasa, 22 November 2022 | 08:07 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 22 November /istock Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 22 November /istock

RIAU24.COM 

Tanggal 22 November diperingati sebagai Hari Perhubungan Darat Nasional. Hari Perhubungan Darat Nasional diperingati setiap tanggal 22 November sejak tahun 1971.

Baca Juga: 6 Fakta Kepulauan Widi, Surga Timur Indonesia yang Viral Dilelang di Situs AS 

Tanggal 22 November juga merupakan hari ke-326 dalam setahun dan tersisa 39 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah anda bahwa pada hari ini di tahun 1995, Film ‘Toy Story’ Disney yang pertama dirilis ke bioskop di AS? Itu adalah film fitur animasi komputer pertama yang dirilis.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 22 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2018

Setelah 20 tahun bekerja, Menara Miring Pisa memiliki kemiringan yang dikoreksi sebesar 17,7 inci (45 cm).

2017

Seorang bayi perempuan bernama Vanellope Wilkins jantungnya berhasil dimasukkan kembali ke dalam tubuhnya.

Dia adalah bayi pertama yang lahir di Inggris yang selamat dilahirkan dengan kondisi yang membuat jantungnya terbentuk di luar tubuhnya. Butuh tiga operasi untuk memasukkan jantungnya ke dalam dadanya. Dia meninggalkan rumah sakit pada 7 Februari 2019.

2012

Penumpukan 100 kendaraan di jalan raya di Texas menewaskan dua orang dan melukai 120 lainnya. Kabut tebal menyebabkan penumpukan.

2008

YouTube Live memiliki siaran penayangan terbesar yang pernah ada, dengan artis tamu tampil dari San Francisco dan Tokyo.

Ini menampilkan penampilan dari selebriti seperti The Black Eyed Peas, will.i.am, Katy Perry, dan banyak lagi.

2005

Angela Merkel menjadi Kanselir wanita pertama Jerman.

Secara resmi disebut kanselir federal Republik Federal Jerman, posisi ini adalah kepala pemerintah Jerman. Kanselir Jerman juga merupakan panglima tertinggi militer Jerman.

2002

Kerusuhan pecah antara Muslim dan Kristen, di Nigeria, atas Kompetisi Miss World, yang menewaskan sekitar 250 orang dan membuat lebih dari 10.000 orang kehilangan tempat tinggal.

1999

Penyanyi country Amerika Toby Keith merilis singlenya ‘How Do You Like Me Now?!’ Itu adalah Lagu Tahun Ini Billboard untuk tahun 2000.

1995

OPEC mengumumkan rencananya untuk menggulirkan kuota produksi minyak saat ini menjadi 25,42 juta barel per hari.

1995

Yang pertama dari film ‘Toy Story’ Disney dirilis ke bioskop di Amerika Serikat.

1994

Sega Saturn dirilis di Jepang. Sega Saturn asli memiliki skema warna abu-abu/biru ketika pertama kali dirilis di Jepang. Pengiriman pertama 200.000 konsol terjual habis pada hari pertama penjualan.

1993

Drama Neil Simon "Laughter on the 23rd Floor" dibuka di teater New York City milik Richard Rodger.

1989

Discovery Space Shuttle diluncurkan pada misi pesawat ulang-alik Departemen Pertahanan kelima.

Dikenal sebagai misi STS-33, itu adalah misi pesawat ulang-alik ke-32 dan yang terakhir terbang pada 1980-an. Setelah mengorbit Bumi selama tujuh siklus, Discovery mengerahkan satelit militer AS yang sangat rahasia. Diyakini bahwa satelit itu adalah satelit mata-mata yang dirancang untuk mendengarkan komunikasi militer dan sipil dari negara-negara komunis.

1971

Hari Perhubungan Darat Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 November harus menjadi momentum untuk mendorong transportasi umum darat untuk mendukung mobilitas masyarakat.

Dengan berputarnya roda waktu, telah mengantarkan kita pada sebuah era yang bernama globalisasi.

Didukung dengan kemajuan teknologi, kini segala aspek kehidupan menjadi suatu keniscayaan. Salah satu keniscayaan tersebut yaitu adanya kemajuan di bidang transportasi darat.

Peringatan Hari Perhubungan Darat Nasional ini telah ditetapkan pemerintah pada tahun 1971.

Tujuan penetapan tersebut untuk menandai sebuah rencana pembangunan lintas darat yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

1927

Carl J.E. Eliason, dari Sayner, Wisconsin, dianugerahi patennya untuk ‘motor toboggan,’ kendaraan salju bermotor pertama di dunia.

1886

Sistem trem kabel Melbourne membuka jalur Victoria Bridge di Melbourne, Australia.

1830

Earl Grey kedua, yang terkenal dengan merek tehnya, menjadi Perdana Menteri Inggris.

Baca Juga: Walaupun Sudah Putus, 3 Zodiak Ini Masih Mau Berteman dengan Sang Mantan

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 22 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...